SASARAN :
Memberikan pengetahuan dan pengertian tentang tujuan bisnis organisasi terutama bagi semua organisasi harus berjalan / terlaksana dengan baik.
Peringkat
Pengetahuan
BISNIS
Konsep Bisnis 2
Sasaran Bisnis Organisasi 2
Model Bisnis Organisasi 2
Tujuan dan Misi Organisasi 1
Tinjauan dan Fungsi Organisasi 1
MANAJEMEN
Orang yang terlibat dalam menjalankan Bisnis 2
Peranan Direksi dan senior eksekutif 2
Struktur Operasional dalam Organisasi 2
Konsep Perencanaan dalam Organisasi 2
Pembuatan keputusan dalam Organisasi 2
TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK
Peranan Sekretaris Perusahaan 2
Nota dan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perusahaan 2
Garis besar dan tujuan dari Laporan Tahunan dan Laporan Usaha 2
Peranan Akuntan 2
Statutory meeting dan tujuannya 2
Menggunakan Agenda, catatan-catatan dan dokumentasi terkait 2
Pemenuhan persyaratan dalam Bisnis Asuransi 2
Kebutuhan keamanan dan kerahasiaan 1
Karakteristik informasi yang bersifat rahasia 2
Perinsip penyimpanan dan pembuangan dokumen rahasia 2
AKUNTANSI KEUANGAN
Konsep Organisasi sebagai suatu Badan Hukum 2
Tujuan dan fungsi Akuntansi 2
Penggunaan Informasi Keuangan 2
Konsep Modal, Pendapatan, Aset dan Hutang serta Persamaan Akuntansi 2
Konsep perhitungan Persamaan akuntansi 2
System dan praktek pencatatan dan pemantauan penerimaan dan pembayaran 2
Perdagangan dan Laporan Laba Rugi 2
Neraca 2
AKUNTANSI MANAJEMEN
Konsep perencanaan dan persiapan serta penggunaan anggaran dalam pengendalian Organisasi 2
Tujuan dan fungsi pengendalian anggaran 2
Tipe Anggaran 1
Metode penganggaran dan variasinya 2
PENJUALAN, PERIKLANAN, DAN HUBUNGAN MASYARAKAT
Definisi dan penjelasan tentang penjualan 2
Konsep bauran pemasaran 2
Pengembangan produk 2
Pengaruh perubahan pasar pada organisasi 1
Manfaat dan hasil dari iklan dan promosi 2
Tujuan dan manfaat dari hubungan masyarakat dengan mempresentasikan suatu citra organisasi yang positif 2
SUMBER DAYA MANUSIA
Penerimaan Karyawan 2
Upah karyawan 2
Pelatihan dan pengembangan karyawan 2
Perlunya hubungan baik antara pemberi kerja dan karyawan 2
Metode-metode untuk memperoleh keterlibatan dan partisipasi positif dari karyawan 2
Perundangan yang terkait dengan tempat kerja 2
TEKNOLOGI
Penerapan teknologi dalam bisnis 2
Terminology yang digunakan dalam menghitung teknologi Informasi 2
Teknologi yang muncul dan kepentingannya dalam organisasi Asuransi 2
System kantor (seperti : databases, spreadsheets, wordprocesing, Akuntansi dan graphics termasuk penggunaan dan presentasi statistic, graphs dan charts) 2
Jaringan 2
Expert system 2
Paket Asuransi terintegrasi 2
Keamanan 2
PERINGKAT PENGETAHUAN
Untuk setiap sub-topik telah di tetapkan suatu peringkat pengetahuan secara numerik sebagai berikut :
1 Mengetahui latar belakang secara umum
2 Memahami unsur-unsur utama dari prosedur atau konsep serta penggunaannya
3 Sangat memahami dalam mengevaluasi konsep, hal-hal, kebijakan dan prosedur serta pengertian atas aspek-aspek terkait dan aplikasinya pada berbagai situasi.
KEPUSTAKAAN :
Bacaan utama :
1. Coursebook P04 : Modern Business Practice - The Chartered Insurance Institute, 1999
2. Undang-Undang No. 2 tahun 1992 dan Peraturan Pelaksanaannya
Bacaan tambahan : 1. Pedoman Akutansi Asuransi Indonesia (PAKASI) – Asuransi Kerugian
2. Jurnal AAMAI
3. Buku/diktat yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga pendidikan asuransi di Indonesia yang berhubungan dengan Praktek Bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar