Minggu, 28 November 2010

401 : PRINSIP – PRINSIP DAN PRAKTEK MANAJEMEN DALAM ASURANSI DAN JASA KEUANGAN LAINNYA

SASARAN

Untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip dan praktek manajemen bisnis untuk dapat menilai kekuatan dan kelemahan berbagai tehnik manajemen dan untuk membantu meningkatkan ketrampilan manajemen para kandidat.
Peringkat
Pengetahuan
KONTEKS MANAJEMEN

Peranan dan tanggung jawab manajer 2
Kemampuan untuk berubah yang dibutuhkan oleh manajer 2
Struktur organisasi dan pengaruhnya terhadap proses manajemen 2
Pengaruh perubahan ekonomi, sosial, politik dan teknologi 2
Manajemen hubungan ‘stake holder’ :
- Kewajiban terhadap konsumen, pemegang saham, pemerintah, masyarakat, dan karyawan 3
- Etika dan kepercayaan organisasi 3
Tren dalam ‘corporate governace’ 2


MANAJEMEN STRATEGIS

Pengantar manajemen strategis :
- Strategi korporasi/portofolio 2
- Strategi bisnis/divisi 2
- Strategi fungsional/taktis 2
Analisa lingkungan, rantai nilai 3
Analisa sumber daya 3
Tujuan organisasi, ‘mission statement’ 3
Mengembangkan strategi dan pilihan 3
Proses implementasi 3
Anggaran, kinerja keuangan, akuntansi manajemen 2
Analisa data, prakiraan 2
Perencanaan, manajemen perubahan, manajemen konflik 3
Kebutuhan untuk pertumbuhan, pemasaran 2

TEKNIK PENGENDALIAN EFEKTIF

Manajer sebagai pengendali dan/atau fasilitator 2
Pengendalian dan pengarahan organisasi, penentuan 2
Sistem pengendalian 3
Manajemen Informasi
Model pengendalian :
- ‘balanced score cards’ 2
- ‘key performance indicators’ 2
- ‘business excellence’ 2
- ‘benchmarking’ 2
- ‘customers expectations’ 2
Quality processes and initiatives 2
Pepatuhan : 1
- Fungsi audit internal 1
- Peraturan eksternal 1
- Perlindungan data 1
Sasaran, penentuan target, manajemen dengan sasaran, rencana perbaikan 2

KEMAMPUAN UTAMA

Kepemimpinan, teori peranan, pembenktukan tim dan kerja tim, motivasi, kompetensi 2
Komunikasi, wawancara, mempengaruhi 3
Pengambilan keputusan 3
Pendelegasian 3
Manajemen waktu 3
Manajemen proyek 3
Manajemen perubahan 3
Manajemen pengetahuan 2

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Rekrutmen, spesifikasi pekerjaan dan orang serta kompetensi, rancangan pekerjaan
Evaluasi kerja, kontrak fleksibel dan bekerja dari rumah 3
Manajemen kinerja dan penghargaan 3
Pelatihan dan pengembangan untuk karyawan dan manajer, investor dalam manusia
konseling dan bimbingan 3
Dampak pengembangan korporasi, budaya organisasi 3
Peraturan mengenai kesehatan dan keselamatan, hak karyawan dan ‘redundancy’ 2

TREN BISNIS

Tren bisnis umum – peningkatan permintaan konsumen, ‘oversupply’, tekanan biaya,
keterlibatan pemegang saham yang meningkat, kekebalan, organisasi, ketimpangan
mutu, kekurangan ketrampilan 2

Tren asuransi dan jasa keuangan – ‘demutualisation’, ‘out sourcing’, E-commerce’
‘internet’, keruntuhan hambatan pasar tradisional, wilayah baru peraturan pemerintah,
globalisasi , konsolidasi 2

Manajemen hubungan konsumen, fokus konsumen, perjanjian tingkat jasa, ‘call centres’
dan ‘contract centres’, penjadualan staf 3

PERINGKAT PENGETAHUAN

Untuk setiap sub-topik telah di tetapkan suatu peringkat pengetahuan secara numerik sebagai berikut :

1. Mengetahui latar belakang secara umum
2. Memahami unsur-unsur utama dari prosedur atau konsep serta penggunaannya
3. Sangat memehami dalam mengevaluasi konsep, hal-hal, kebijakan dan prosedur serta pengertian atas aspek-aspek terkait dan aplikasinya pada berbagai situasi.


KEPUSTAKAAN :

Bacaan utama : 
1. Course book 935 : Principles dan Practice of Management in Insurance, The Charted Insurance Institute, 2001

Bacaan tambahan :
1. Jurnal AAMAI
2. Buku/diktat yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga pendidikan asuransi di Indonesia yang berhubungan dengan manajemen umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar