Kamis, 02 Desember 2010

202 : PENGANTAR ASURANSI PERSONAL ( 12 MARET 2007 )

SENIN : 12 MARET 2007
Jam : 14.00 - 17.00

 Ujian ini terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
 Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
 Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
 Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam

BAGIAN I

Jawab seluruhnya DELAPAN pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks).
Dianjurkan menggunakan waktu max. 45 menit untuk mengerjakan Bagian I.

1. Uraikan 4 (empat) jenis produk asuransi Household yang tersedia di pasar saat ini.
2. Uraikan 2 (dua) kondisi dalam Whole Life Assurance bila tertanggung tidak dapat melanjutkan pembayaran preminya.
3. Uraikan 5 (lima) kondisi timbulnya kontribusi dalam Personal Insurance.
4. Uraikan 3 (tiga) cara yang menyebabkan timbulnya kewajiban untuk menutup asuransi (Obligation to Insure).
5. Uraikan 4 (empat) jaminan yang terdapat dalam household good and personal effect Rumah Tinggal.
6. Uraikan 3 (tiga) perluasan jaminan dalam asuransi Credit Card.
7. Uraikan 3 (tiga) perluasan jaminan Personal Accident Benefit dalam Private Motor Insurance.
8. Uraikan 2 (dua) keuntungan dengan menggunakan jasa Loss Adjuster dalam penyelesaian klaim.


BAGIAN II

Jawab EMPAT dari ENAM pertanyaan pada bagian ini. Apabila dijawab lebih dari 4 (empat) soal, maka yang akan dinilai hanyalah jawaban dengan urutan pengerjaan 1 (satu) sampai 4 (empat) tanpa memperhatikan nomor urut soal.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks)

9. Dalam kaitan dengan Content Insurance, jelaskan 2 (dua) kategori utama yang berhubungan dengan perluasan polis (Policy Extentions).

10. Dalam kaitan dengan Private Motor Insurance, jelaskan 10 (sepuluh) luas jaminan polis tersebut.

11. Personal Pensions merupakan bagian dari Life Assurance, jelaskan 8 (delapan) plan yang termasuk dalam Personal Pension dimaksud.

12. Dalam kaitan dengan Express Duties prinsip-prinsip umum dalam penyelesaian klaim, jelaskan 8 (delapan) kondisi yang berhubungan dengan kondisi klaim (Claim Condition).

13. Dalam kaitan dengan reasuransi, jelaskan 5 (lima) hal yang harus dipertimbangkan Ceding Company dalam menentukan tingkat retensi.

14. Marketing Mix merupakan bagian dari Marketing Personal General Insurance, jelaskan 4 (empat) komponen Marketing Mix.

202 : PENGANTAR ASURANSI PERSONAL
MARET 2007

 Ujian terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
 Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
 Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
 Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam

BAGIAN I

Jawaban harus mencakup namun tidak terbatas pada butir-butir jawaban yang disarankan dibawah ini.

Bobot nilai Bagian I adalah = Total bobot bagian I dibagi 8 dikali X 25 %
Buku referensi : Course Book P11 : An Introduction to Personal General , The Chartered Insurance Institute, 1996

1. Uraikan 4 (empat) jenis produk asuransi Household yang tersedia di pasar saat ini.
Jawaban yang disarankan ::
a. Building Insurance
Yang mencakup struktur bangunan dan yang dapat digunakan oleh pemilik gedung apakah rumah tersebut ditempati sendiri atau oleh orang lain.
b. Content Insurance
Yang hanya mencakup isi dari bangunan dengan beberapa cover atas : peralatan yang telah terpasang ( fitures ) dan dekorasi ( fittings ) dimana penghuni adalah penyewa dan bukan pemilik property.
c. Building and Content Insurance ( kombinasi antara (a) dan (b) diatas )
d. Suatu Polis Gabungan ( a combined policy )
Yang tidak hanya memasukkan gedung dan isinya tapi menyediakan pilihan penutupan tertentu seperti All Risk, Caravans, Sepeda, Peralatan Olahraga dan Private Riding and Pomes.
(Bobot masing-masing : 25%)

2. Uraikan 2 (dua) kondisi dalam Whole Life Assurance bila tertanggung tidak dapat melanjutkan pembayaran preminya.

Jawaban yang disarankan :
a. Surrender value
Yang adalah nilai tunai dari polis akan sangat kecil nilainya pada awal-awal periode ( tidak selamanya, kemungkinan untuk dua atau tiga tahun pertama ) tapi akan meningkat dalam jumlan besar bila polis telah mengenai tanggal pembayaran.
b. Paid Up Policy
Tidak ada pembayaran tunai yang dikembalikan namun polis tetap berlaku pada suatu pengurangan harga pertanggungan didasarkan atas premi yang telah dibayar / dikurangi biaya.
(Bobot masing-masing : 50%)

3. Uraikan 5 (lima) kondisi timbulnya kontribusi dalam Personal Insurance.

Jawaban yang disarankan :
a. terdapat 2 (dua) atau lebih Indemnity
b. polis-polis tersebut menutup kepentingan yang sama
c. polis-polis tersebut menutup bahaya yang sama yang menimbulkan kerugian
d. polis-polis tersebut harus menutup subject matter yang sama
e. masing-masing polis harus liable pada kerugian yang terjadi
(Bobot masing-masing : 20%)

4. Uraikan 3 (tiga) cara yang menyebabkan timbulnya kewajiban untuk menutup asuransi (Obligation to Insure).
Jawaban yang disarankan :
a. By Statute (Bobot 35%)
Peraturan-peraturan yang ada yang mewajibkan penyewa untuk mengasuransikan bangunan yang tertuang dalam Improvement of Land Act 1864, Limited Owners residence Act 1870 & Settled Land Act 1925.

b. By Contract (Bobot 35%)
Para pemilik property atau yang oleh Contract (perjanjian adalah menjadi pemilik property milik orang lain (misalnya Landerers) berdasarkan perjanjian untuk mengasuransikan peroperty tersebut.

c. By Custom (Bobot 30%)
Hal ini timbul dari business khusus.
Contoh : Penjaga Gudang biji-bijian dikota London.

5. Uraikan 4 (empat) jaminan yang terdapat dalam household good and personal effect Rumah Tinggal.

Jawaban yang disarankan :
a. Fixtures & Fittings selain dari Landlords Fixture & Fithgs
b. Antenna Television, Satellites dan Penerima Radio, Asesoris antenna dan tiang tetap pada rumah.
c. Telepon
d. Gas dan panci electrik dari meteran.
(Bobot masing-masing : 25%)

6. Uraikan 3 (tiga) perluasan jaminan dalam asuransi Credit Card

Jawaban yang disarankan :

a. Emergency Cash; (Bobot 35%)
Sampai dengan  750 tunai dapat diambil didepan ( advanced ) bebas bunga s/d 10 hari apabila tertanggung pergi dari rumah dan kehilangan credit cardnya, dengan catatan uang ini sudah harus dikembalikan kepada penanggung dalam batas waktu 28 hari ( bebas bunga ).

b. Card Registration (Bobot 35%)
Penanggung akanmenyimpan semua laporan dari credit card. Dalam hal terjadi kehilangan, penerbit kartu akan diberitahukan dan mengganti kartu yang akan disiapkan / diatur.

c. Change of Adress (Bobot 30%)
Penanggung akan memberitahukan semua penerbit kartu tentang setiap perubahan alamat.

7. Uraikan 3 (tiga) perluasan jaminan Personal Accident Benefit dalam Private Motor Insurance.

Jawaban yang disarankan; ( Bobot 35%, 35%, 30%)
a. Peningkatan manfaat modal bagi tertanggung dan pasangannya.
b. Memasarkan pengemudi ( bila tidak tertanggung atau pasangannya ) dalam ahli waris.
c. Memasukkan penumpang dalam mobil tertanggung atau setiap kendaraan yang dikemudikan oleh tertanggung.
d. Tambahan manfaat mingguan kepada tertanggung atau pasangannya atau setiap orang yang disebutkan diatas.

8. Uraikan 2 (dua) keuntungan dengan menggunakan jasa Loss Adjuster dalam penyelesaian klaim.

Jawaban yang disarankan;
a. Mereka merupakan ahli dalam berbagai bidang. Pengalaman mereka dalam menangani klaim memberikan mereka untuk mengembangkan pengetahuan yang memungkinkan mereka untuk mengatur pekerjaan mereka dengan efisiensi yang lebih besar.

Pengetahuan mereka diantaranya;
 Bisa mendapatkan pasar terbaik dalam menyelesaikan salvage
 Langkah-langkah yang dapat diambil untuk meminimalkan kerugian atau kerusakan
 Dapat dipercaya kontraktor lokal
(Bobot 75%)

b. Pemegang polis sering merasa lebih nyaman berhubungan dengan Independent Intermediary dibandingkan dengan petugas perusahaan asuransi.
(Bobot 25%)


BAGIAN II

Jawaban harus mencakup namun tidak terbatas pada butir-butir jawaban yang disarankan dibawah ini.

Bobot nilai Bagian II adalah = Total bobot bagian II bibagi 4 dikali X 75 % (hanya 4 nomor jawaban pertama yang diberi bobot)

9. Dalam kaitan dengan Content Insurance, jelaskan 2 (dua) kategori utama yang berhubungan dengan perluasan polis (Policy Extentions).

Jawaban yang disarankan;
1. Automatic Extentions (Bobot 70%)
  Berikut ini biasanya termasuk secara automatic:

i. Temporary Removal
Polis diperluas untuk menutup Contents terhadap semua bahaya-bahaya yang secara normal ditutup oleh Polis (kecuali yang berhubungan dengan property removed untuk dijual atau eksebisi atau tempat penyiapan furniture) sementara dipindahkan namun tetap diwilayah Inggris Raya, Irlandia atau Irlandia Utara dengan syarat pembatasan sebagai berikut;
 Risiko angin topan dan banjir dalam kaitan dengan property dalam perjalanan atau atas orang yang sama sekali dikecualikan.
 Pencurian (theft) hanya ditutup;
 pada bank, tempat penyimpanan uang atau rumah tinggal yang ditempati
 didalam stiap gedung dimana tertanggung atau anggota keluarganya tinggal menetap atau dipekerjakan atau mengadakan bisnis.
 Dalam rangka perpindahan ke atau dari setiap bank atau tempat penyimpanan uang yang disewa oleh tertanggung, anggota keluarganya atau pembantu yang diberi kuasa.

ii. Clothing and Personal Goods
Pakaian dan barang-barang pribadi, selain uang tunai, mata uang, uang kertas dan materai / perangko dari pembantu rumah tangga tertanggung (kecuali diasuransi ditempat lain) diasuransi terhadap semua bahaya-bahaya selama dalam rumah tinggal tertanggung atau sementara dalam rumah pribadi lainnya, rumah penginapan, hotel atau losmen di Inggris Raya, Irlandia atau Irlandia Utara dimana pelayan yang sedang tinggal dengan tertanggung atau anggota keluarganya.

iii. Glass and Mirrors
Polis diperluas untuk menutup kerusakan cermin, piring kaca, fixed glass waktu berada dirumah pribadi tertanggung. Tidak ditempati / tidak berperabot pengecualian berlaku untuk penutupan ini.

iv. Loss of Rent
Penutupan diperluas untuk menutup kehilangan uang sewa dan biaya tambahan yang wajar yang dibuat tertanggung di hotel, rumah penginapan yang disebabkan karena rumah tinggal sedang tidak bisa didiami oleh setiap bahaya-bahaya terbatas pada;
 Periode yang dibutuhkan untuk pembangunan kembali
 Jumlah yang tidak melebihi 20% dari harga Pertanggungan Contents.

v. Accidental damage to Entertainment Equipment
Polis diperluas untuk menutup kerusakan pada radio dan televisi (bila bahaya-bahayanya diperinci). Peralatan Audio, Video, Komputer dan Ceramic Hobs dapat juga dimasukan.

vi. Contents in the Open
Content didaerah terbuka dilapangan dapat ditutup. Cover dibatasi dengan suatu limit biasanya antara  500 dan  1000. Angin topan dan banjir biasanya dikecualikan.

vii. Accidental Damage whilst in the course of Removal
Cover dapat diperluas untuk memasukan kerusakan sewaktu dipindahkan oleh profesinal removers atau dalam penyimpanan sementara digudang, biasanya s/d 7 hari.

viii. Other Automatic Policy extentions include
  Loss of oil, or meter air dari suatu fixed domestic water atau instalasi pemanasan atau mesin cuci.
  Biaya dari penggantian kerugian atau kerusakan tittle deeds sewaktu berada dirumah atau dibank.
  Biaya penggantian kunci pintu akibat kecurian kunci.
  Kenaikan sementara harga pertanggungan s/d 10% untukmengcover hadiah pernikahan anggota keluarganya atau pada saat Natal.

2. Non Automatic Extentions (Bobot 30%)
Polis juga dapat diperluas untuk memasukkan Accidental Damage. Sebagian besar penanggung saat ini menawarkan accidental damage cover, pada statu rate premi yang lebih tinggi dan biasanya tergantung pada exceso yang sama dan pengecualian bagian gedung,
Namun demikian, contents tertentu seperti Contact Lenses, uang, Perangko, Coins, Medali dan Plats biasanya dikecualikan karena cover ni dimaksudkan untuk ganti rugi dalam hal kerusakan pada perabot rumah tangga dan peralatan-peralata.

Tipe pengecualian dalam hal cover accidental;
  Wear & Tear
  Depreciation & Verm
  Damage by domestic pets
  Proceses of repair
  Mechanical or electrical breakdown
  50 excess

10. Dalam kaitan dengan Private Motor Insurance, jelaskan 10 (sepuluh) luas jaminan polis tersebut.

Jawaban yang disarankan;
1. Third Party Liability
Klausul ini digunakan pada pihak ketiga;
Pihak ketiga, kebakaran & pencurian; dan polis Komprehensif. Walaupun bentuk dasar dari klausul ini telah dijelaskan pada bagian B1 & B2 dari Bab ini, adalah berguna untuk mengulang luas jaminan yang ditawarkan
 Biaya perlakuan dalam keadaan darurat atau biaya rumah sakit di cover.
 Pemegang polis menjamin terhadap tanggung jawab hukumnya atas kerusakan yang timbuk dari kecelakaan termasuk mobil tertanggung yang menyebabkan kematian, luka atau rusaknya harta benda
 Biaya hukum dan biaya penanganan klaim akan dibayar

2. Loss or Damage to the Insured Car by Fire or Theft
Klausul ini digunakan hanya untuk polis komprehensif dan pihak ketiga, kebakaran dan pencurian.
Karena telah dijelaskan pada Bagian B3 bab ini maka dianggap mencukupi sehingga Bagian ini tidak ada penjelasan lagi.

3. Loss or Damage to the Insured Car other than by Fire of Theft
Klausul ini hanya digunakan untuk polis komprehensif. Penutupan diberikan pada tingkat polis All Risk.
Mengambil hubungan dengan 2 (dua) klausul terdahulu, semua kehilangan atau kerusakan bagaimanapun terjadinya yang ditutup akan tunduk pada pengecualian berikut;
 Wear & Tear and Depreciation
Hal ini dianggap sebagai risiko yang tidak dapat diasuransikan. Asuransi adalah untuk kerugian-kerugian yang tidak dapat diduga dan tidak untuk risiko yang diketahui akan terjadi.
 Loss of Use
Hingga saat ini, hal ini merupakan pengecualian standar pada hampir semua polis motor. Namun beberapa penangung khususnya penanggung langsung saat ini menetapkan unsur penutupan untuk memberikan penyediaan mobil sewa sementara mobil tertanggung sedang diperbaiki.
 Kegagalan atau Kerusakan mekanikal dan elektrikal.
 Kerusakan pada ban yang disebabkan karena pecah, kebocoran, lubang atau meledak.

4. REPAIRS
Bagian ini berlaku hanya pada polis komprehensif dan pihak ketiga, kebakaran dan pencurian.
Klausul ini dimulai dari prosedur untuk melaksanakan perbaikan bila kecelakaan telah terjadi.
Bilamana mobil sangat rusak maka tidak dapat dikendarai secara aman,penanggung akan membayar biaya yang wajar dari pemindahan mobil ketentpat perbaikan terdekat dan untuk mengembalikannya ke-alamat rumah pemegang polis setelah diperbaiki.

5. BREAKAGE OF GLASS
Bagian ini hanya berlaku pada polis komprehensif.
Penanggung Motor saat ini membebankan suatu excess biasanya � 50 setiap klaim.
Banyak penanggung membolehkan pihak ketiga ditambahkan pada bagian ini dalampolis mereka dan tunduk pada pembayaran tambahan premi yang sesuai.

6. PERSONAL ACCIDENT INSURANCE
Bagian ini berlaku hanya untuk polis komprehensif dimana polis tidak dalam joint names.
Bagian ini menetapkan manfaat tertentu pada tertanggung atau pasangannya bila mereka sungguh-sungguh terluka, sebagai akibat dari kecelakaan pada setiap kendaraan bermotor yang mereka kendarai atau travelling.

7. MEDICAL EXPENSES
Bagian ini hanya berlaku untuk polis komprehensif; walaupun suatu manfaat, klaim jarang timbul berdasarkan bagian ini. Limit rendah biasanya � 100 tidak ada jumlah yang dibayar kecuali atas biaya-biaya yang dibuat. Di UK dan banyak negara lain, jika terjadi kecelakaan dan seseorang cedera, ambulan dipanggil dan mengambil orang yang cedera ke RS dimana semua pengobatan diberikan gratis dan karena itu tidak ada biaya yang dibuat oleh orang yang cedera.

8. PERSONAL EFFECTS
Klausul ini berlaku hanya untuk polis komprehensive.
Manfaat ditetapkan suatu jumlah nominal biasanya antara � 100 dan � 200 untukmenutup personal efek dalam kendaraan yang hilang atau rusak oleh kecelakaan, kebakaran atau pencurian.
Kesulitan timbul dari mahalnya Radio dan Kaset Player yang ditemui dibanyak kendaraan saat ini dan para penanggung membatasi jumlah yang dibayar untuk jenis perlengkapan tersebut.
Pendapat yang sama dapat dibuat tentang telepon yang dipasang dimobl, walaupun pihak pemasang umumnya telah mempunyai perjanjian pemeliharaan yang termasuk asuransi, para penanggung saat ini menghapus semua cover untuk telepon mobil.

9. FOREIGN USE
Klausul ini berlaku untuk polis pihak ketiga, kebakaran dan pencurian; dan Komprehensif.
Semua polis yang diterbitkan dari UK dan negara lain yang meratifikasi EC Motor Directives, harus memperluas untuk menetapkan Cover minimum yang diminta oleh hukum dari masing-masing negara lain yang meratifikasi the Directive sewaktu kendaraan tertanggung sedang digunakan disalah satu negara penanda tangan Directive tersebut.

10. CAR SHARING
Klausul ini berlaku untuk semua polis asuransi mobil pribadi.
The RTA 1988 dikenal bahwa akan tidak diinginkan untuk mencegah praktek dari pengemudi yang menerima imbalan yang kecil dari penumpang terhadap biaya perlombaan untuk suatu perjalanan.
Contoh; untuk bekerja dengan tegas ditetapkan bahwa praktek seperti ini tidak akan dipertimbangkan agar digunakan dalam sewa atau imbalan ditentukan bahwa;
 Kendaraan tidak cocok untuk membawa lebih dari 6 penumpang
 Jumlah ongkos angkut dalam perjalanan tidak melebihi biaya lomba dari kendaraan
 Penumpang tidak membawa rangkaian dari bisnis membawa penumpang.

11. ALLOWANCE WHEN THE INSURED CAR IS OUT OF USE
Klausul ini berlaku untuk semua polis asuransi mobil pribadi.
Loss of use akibat kerusakan telah dibuat berdasarkan polis motor tidak dicover.
(Bobot Masing-masing : 10%)

11. Personal Pensions merupakan bagian dari Life Assurance, jelaskan 8 (delapan) plan yang termasuk dalam Personal Pension dimaksud.

Jawaban yang disarankan;
1. PENSIONS TERMS DEFINED
Suatu daar pasti dari ketentuan manfaat harus diperinci dan dapat berupa;
 A Money Purcahse Scheme yang mana majikan bertanggung jawab untuk membayar atas kepentingan dari masing-masing karyawan suatu persentase tetap dari mendapatkan uang pensiun setiap tahun. Uang akan digunakan untuk membelipensiun terbaik yang tersedia.
 A Final Salary Basis
Ini didasarkan atas lamanya pelayanan dan gaji sebelum pensiun. Dasar penggajian harus gaji dasar saja atau termsuk tambahan unsur-unsur tertentu.
 An Average Salary Basis
Yang melibatkan alokasi setiap tahun dari satuan-satuan dasar atas gaji tahunan dan mungkin disesuaikan untuk biaya hidup meningkat s/d tanggal pensiun.

2. PENSIONS PROVIDERS
Penyedia jasa Personal Pensiun tidak terbatas pada perusahaan asuransi. Dapat juga disediakan oleh Friendly Societies, Building Societies, Bank, Licensed Deposit Takers dan Authorized Unit Treat Managers.

3. REVALUE APPROVAL
Penyedia suatu pensiun harus mendapatkan skema personal pension yang disetujui oleh Pension Scheme Office (PSO) dari the Inland Revenue (IR). PSO akan mengumumkan model aturan yang dapat digunakan untuk mempercepat proses persetujuan.

4. BENEFITS
Kontrak Personal pensiun hanya dapat disediakan dengan manfaat berikut;
 Annuity on Retirement
 Lump sum on Retirement
 Annuity on Death
 Lump sum on Death
 Waiver of Premium Benefit.

5. TRANSABILITY
Adalah kondisi dari persetujuan bahwa suatu skema personal pensiun termasuk persyaratan yang terhubung dengan transfer masuk dan keluar yang sesuai aturan pendapatan.
Gagasannya adalah manfaat dapat ditransfer secara penuh dan dengan demikian transfer dapat dilakukan antara skema personal pensiun yang berbeda.
Ke dan dari skema yang berhubungan dengan tugas dan dari (tapi tidak untuk) existing retirement annuities.

6. CONTRIBUTION
Kontribusi dapat dibuat oleh perorangan dan/atau para majikan mereka, dan the National Insurance Rebate and Incentive dapat dibayar juga.
Kontrak harus berisi ketentuan limit kontribusi sampai maksimum yang berupa bantuan dapat ditambahkan dan untuk pembayaran kembali dari setiap kelebihan.

7. CONTRACTING OUT
Skema personal pension dapat digunakan pada Contract-Out of the state earnings related pension scheme (SERPS).
Bila sudah skema digunakan untuk tujuan ini, harus mempunyai Apprpriate scheme certificate dari the Occupational Pensions Board (OPB).
OPB telah menerbitkan model aturan untuk kemudahan persetujuan. Setiap perubahan harus diberitahukan kepada OPB yang dapat ditarik kembali persetujuan bila mereka percaya permintaan tidak lama akan terpenuhi.

8. RETIREMENT ANNUIITIES
Kontrak ini merupakan pendahuluan dari personal pension dan seringdisebut Self Employed Retirement Annuities.
Retirement Annuities Benefits.
Pensiun hanya dapat diambil pada usia 60 menentang 50 untuk personal pensiun.
Usia maksimum 75 tahun dan pensi�n dini h�dala mungkin dengan alasan kesehatan atau berdasarkan Revenue Occupations List. Bila pensiun pada usia 50 diminta adalah memungkinkan untuk dialihkan (bila oenanggung setuju) ke susatu personal pensi�n yang baru.
(Bobot Masing-masing : 12.5%)


12. Dalam kaitan dengan Express Duties prinsip-prinsip umum dalam penyelesaian klaim, jelaskan 8 (delapan) kondisi yang berhubungan dengan kondisi klaim (Claim Condition).
Jawaban yang disarankan;
1. Aktifitas yang diminta oleh Tertanggung
 Pemberitahuan klaim segera lepada Reasuransi
 Melibatkan polisi (dalam peristiwa kerusakan akibat perbuatan jahat, kerusakan, pencurian atau kerugian yang terjadi diluir rumah)
 Pencegahan yang wajardari kerusakan lebih lanjut
 Menyediakan perincian kerugian secara tertulis

2. Peringatan tentang klaim akibat perbuatan curang (fraudulent Claims)

3. Komentar tentang
 Reinstatement
 Hak Penanggung masuk ke property
 Kontribusi
 Subrogasi
 Arbitrase

4. Notification
Kebanyakan polis Household dan Motor mengharuskan tertanggung untuk memberitahu penaggung kerugian, sesegera mungkin estela kejadian.
Penanggung akan menerima pemberitahuan awal tentang kerugian melalui telepon. Pemberitahuan harus diikuti oleh keterangan terperinci tentang klaim secara tertulis.

5. Insurer�s rights following a Claim
The Common Law memberikan kepada penanggung hak-hak tertentu mengikuti kejadian yang mungkin dapat menaikan suatu klaim berdasarkan polis. Dalam beberapa kasus penanggung telah memilih dengan cepat hak-hak ini kedalam kebijakan-kebijakan mereka jadi making them conditions precedent to a claim.

6. Right to Investigate
Penanggung harus dibolehkan untuk melakukan penyelidikan penyebab suatu kerugian untuk menilai / menaksir property apakah kerugian jatuh pada pertimbangan yang harus dibayar berdasarkan syarat polis atau tidak.

7. Insurers must Act Reasonably
Penanggung harus bertindak yang wajar dalam melakukan hak mereka untuk menyelidiki kerugian.
Contoh ; bila mereka menempati bangunan untuk kurun waktu yang tidak wajar, mereka mungkin memegang tanggung jawab orang yang melanggar.

8. Total Loss and Salvage
Dimana penanggung telah menyelesaikan suatu klaim secara total loss. Contoh; dalam hal total loss dari kendaraan tertanggung, kendaraan yang telah hancur akan menjadi milik penanggung. Penanggung kemudian akan menjual kendaraan yang tersisa kesuatu dealer scrap.
Sewaktu-waktu pemegang polis boleh berharap untuk memiliki salvage untuk dia sendiri. Dalam kasus demikian nilai salvage dipotong dari pembayaran klaim oleh penanggung.

9. Recovery of Lost Property
Sewaktu-waktu masalah timbul ketika penanggung telah menyelesaikanklaim dalamhal property yang hilang atau dicuri. Bila property sesudah itu dipulihkan kembali, pemegang polis boleh meminta kepada penanggung untuk mengembalikan recovered property.
(Bobot Masing-masing : 12.5%)


13. Dalam kaitan dengan reasuransi, jelaskan 5 (lima) hal yang harus dipertimbangkan Ceding Company dalam menentukan tingkat retensi.

Jawaban yang disarankan;
1. Capital and Free Reserves
Perusahaan akan membuat keputusan sehubungan dengan tingkat modal dan cadangan bebas yang ingin ditahan. Langkah pertama adalah penetapan Retensi yang akan ditentukan untuk batas kesanggupan untuk risiko kerugian dari cadangan bebas setiap satu tahun.

2. Size of Portfolio
Penanggung harus memutuskan tingkat fluktuasi dari hasil yang dapat diserap. Lebih besar jumlah risiko yang homogen (serba sama) seperti dalam portfolio household, lebih rendah kemungkinan fluktuasi dalam pengalaman klaim yang diduga.
Margin yang dari premi diatas perkiraan biaya klaim tersedia cadangan untuk menampung fluktuasi.oleh sebab itu Retensi akan tergantung pada tingkat pendapatan premi.

3. Spread of Risks and Pattern of Losses
Portfolio Asuransi Personal membuat banyak risiko-risiko yang sama akan seimbang, dalam hal itu aka nada fluktuasi kecil dalam rata-rata jumlah klaim.
Tergantung pada tunjuangan untuk infalsi, hasil yang lalu akan memberikan panduan untuk pola perkiraan klaim.
Namun, akumulasi kerugian termasuk klaim dibawah 2 atau lebih polis untuk satu kejadian harus diantisipasi.

4. The Type and Cost of Reinsurance
Jenis dari Reasuransi;
 Proportional Reinsurance
a. Surplus
b. Quota Share

 Non Proportional Reinsurance
a. Excess of Loss
b. Stop Loss (excess of loss ratio)

5. Corporate Strategy
Retensi juga akan diputuskan dalam keseluruhan strategi penanggung dalam sasaran jangka panjangnya.
Perusahaan kecil mungkin terbatas dalam rencana perluasannya dengan jumlah Reasuransi yang tersedia.
Perusahaan yang sudah mapan mungkin membuat cadangan bebas ketika berpindah kedalam suatu line bisnis baru. Seperti Asuransi Kesehatan dimana tidak ada Cadangan Teknik yang telah ditetapkan.
(Bobot Masing-masing : 20%)


14. Marketing Mix merupakan bagian dari Marketing Personal General Insurance, jelaskan 4 (empat) komponen Marketing Mix.

Jawaban yang disarankan;
1. PRODUCT
Tahap pertama dalam marketing mix adalah pengembangan product. Produk boleh mengambil bentuk dari modifikasi kontark yang ada atau memperkenalkan kontrak baru kepada perusahaan. Apakah suatu modifikasi atau produk baru perkenalan mungkin mencoba untuk menambah keunggulan persaingan melebihi perusahaan lain dengan produk inovasi atau mungkin reaksi pada kontrak baru sedang ditawarkan untuk pesaing yang dikenal sebagai produk imitasi.

i. Product Innovation
Produk Inovasi dalam asuransi dapat diambil dalam 4 bentuk
a. Contract
Format polis dan penutup mungkin dirubah
b. policy provision
perubahan dalam ketentuan polis khusus termasuk underwriting dan rating
c. services
memperkenalkan manfaat pelanggan terkait atau tidak terkait dengan ketentuan kontrak
d. marketing methods
variasi dalam saluran distribusi

ii. Product Imitation
Perusahaan akan mencoba untuk membuat produk mereka terlihat berbeda dari pesaing mereka dimata pelanggan.
Product Differentiation, hal ini dapat dicapai dengan beberapa cara;
a. menawarkan cover yang berbeda atau syarat polis
b. customer service
c. packaging / branding

iii. Product Life Cycle
4 tahap life cycle;
a. introduction
b. growth
c. maturity
d. decline

iv. Information Technology & Product Development
Teknologi informasi dapat membantu proses product perubahan dalam sector pelayanan keuangan yang artinya bahwa Asuransi Product Life Cycle adalah secara dramatis turun. Banyak penanggung tidak menduga produk mereka tetap sama untuk lebih lama dari 1 tahun atau 18 bulan.

v. Product Marketing Strategy
Yang terdiri dari;
a. market penetration
b. market development
c. product development
d. diversification

2. PRICE
Apabila asuransi produk personal telah dikembangkan maka unsure berikut dalam market mix adalah menyiapkan harga atau premi.
Premi yang dibabankan perusahaan terdiri dari 4 unsur, yakni;

a. Pure Premium
Jumlah yang ditutup berdasarkan perkiraan biaya risiko. Dalam asuransi personal, premi tergantung dari statistic yang akurat yng mungkin tidak selalu tersedia.

b. Contingency Loading
Jumlah untuk menutup risiko bahwa biaya sebenarnya akan melebihi perkiraan biaya. Cadangan klaim harus cukup.

c. Expenses Loading
Biaya-biaya perusahaan dalam rangka perkenalan, pengeluaran dan pelayanan produk asuransi.

d. Profit Loading
Untuk menyediakan suatu pengembalian kepada pemilik perusahaan. Perusahaan yang termasuk didalamnya mungkin dibawah tekanan untuk mencapai underwriting profit atas portfolio asuransi personalnya untuk memaksimalkan pendapatan investasinya.

3. PROMOTION
Kotler menyatakan bahwa promosi terdiri dari 4 alat utama;

a. Advertising
Memasang iklan mempunyai sasaran utama berikut ini
 untuk meningkatkan kesadaran public tentang produk perusahaan.
 untuk memperkenalkan produk baru
 untuk target segmen pasar tertentu
 untuk membangkitkan suatu reaksi sebagai bagian dari kampanye marketing langsung
 untuk mempertahankan atau memperbaiki posisi pasar, dengan cara menyakinkan public bahwa produk mereka lebih baik dari pesaing
 untuk mendidik publik tentang pentingnya paket asuransi dan produk secara umum
Advertising terdiri 4 cara
 media channels
 posters and display
 direct mail
 sponsorship

b. Sales Promotion
Sales promotion dalam asuransi personal mengambil bentuk small gift items untuk perantara seperti; kalender, diary dan memo pads, calculators, clock radios.

c. Publicity
Publisitas umum boleh mengambil bentuk dari artitek Koran, banyak dari artikel berkualitas mempunyai seksi keuangan personal termasuk asuransi personal.

d. Personal Selling
Disini mungkin dijelaskan presentasi secara lisan dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih calon pembeli. Dalam kasus asuransi termasuk asuransi personal, personal selling hanya satu dari kemungkinan channel of distribution yang tersedia pada perusahaan.

4. DISTRIBUTION CHANNELS
Distribusi kemungkinan merupakan komponen terpenting dari marketing mix sepanjang perusahaan asuransi concerned. Saluran distribusi yang digunakan pada perusahaan asuransi dibagi dalam 2 type utama

a. Direct Marketing Channels
Dimana karyawan penanggung menjual product asuransi.
Direct marketing channel terdiri dari;
 Direct Marketing (direct mail, telemarketing, media)
 Company Sales Staff
 Home Service Agent

b. Indirect Marketing Channels
Terdiri dari;
 Agents
 Brokers
 Consultants

c. Alternative Distribution Channels, yang terdiri atas
 Building Societies
 Banks
 Retailers
 Tour Operators
 Travel Agents & Airport Selling
(Bobot Masing-masing : 25%)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar