Rabu, 08 Desember 2010

303 : ASURANSI PERSONAL ( 17 MARET 2009 )

SELASA : 17 MARET 2009
Jam : 14.00-17.00

Ujian ini terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)

Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam

BAGIAN I

Jawab seluruhnya DELAPAN pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks).
Dianjurkan menggunakan waktu max. 45 menit untuk mengerjakan Bagian I.

1. Uraikan apa yang dimaksud dengan customer leads strategy.

2. Sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perusahaan pada umumnya menempuh kebijakan pencapaian target produksi yang efektif.

3. Dalam melakukan risk control atas pertanggungan asuransi content, sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perlu dilakukan survey ulang.

4. Sebutkan 5 (lima) jaminan dasar dalam asuransi perjalanan.

5. Uraikan 3 (tiga) hal yang harus dilakukan seorang petugas klaim setelah informasi awal diterima.

6. Sebutkan 5 (lima) syarat berlakunya prinsip kontribusi dalam polis asuransi personal.

7. Uraikan pengertian permanent total disablement.

8. Uraikan apa yang dimaksud dengan extended warranty.




BAGIAN II

Jawab EMPAT dari ENAM pertanyaan pada bagian ini. Apabila dijawab lebih dari 4 (empat) soal, maka yang akan dinilai hanyalah jawaban dengan urutan pengerjaan 1 (satu) sampai 4 (empat) tanpa memperhatikan nomor urut soal.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks)

9. Dalam kaitan dengan asuransi content, uraikan :
a. 6 (enam) luas jaminan legal liability dalam polis tersebut.
b. 6 (enam) jenis legal liability yang tidak dijamin dalam polis tersebut.

10. Dalam kaitan dengan Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia, uraikan :
a. Pengertian kecelakaan dalam polis tersebut serta 3 (tiga) hal yang termasuk dalam pengertian tersebut.
b. Ketentuan jaminan kematian (Jaminan A) dalam polis tersebut.

11. Uraikan :
a. 5 (lima) faktor yang membatasi ganti rugi (indemnity).
b. 6 (enam) keuntungan dan 2 (dua) kerugian menggunakan arbitrase dalam penyelesaian perselisihan.

12. Jelaskan 6 (enam) hal khusus yang dipertimbangkan dalam penanganan klaim pencurian.

13. Dalam memasarkan produk-produk asuransi personal, perusahaan asuransi dapat menggunakan 2 (dua) cara yaitu direct dan indirect. Jelaskan 3 (tiga) jenis distribution channel dari masing-masing cara tersebut.

14. Dalam kaitan dengan asuransi household, jelaskan :
a. 6 (enam) pertimbangan underwriting dalam penilaian risiko asuransi.
b. Apa yang dimaksud dengan unspecified dan specified item .


SUGGESTED ANSWER
303 : ASURANSI PERSONAL
Maret 2009

Penjelasan :

1. Jawaban yang disarankan dibawah ini adalah jawaban minimum yang harus diberikan oleh Peserta Ujian untuk memperoleh nilai penuh
2. Jawaban yang disarankan hanya sebagai acuan standar pemeriksaan dan penilaian dan dibuat atas dasar buku referensi yang digunakan untuk mata ujian ini.
3. Penguji berhak untuk memberikan penilaian atas jawaban yang tidak sama dengan jawaban yang disarankan sejauh masih dalam konteks atau substansi yang dipertanyakan dalam soal.

Bobot nilai
Bagian I : Total nilai Bagian I / 8 x 25 %
Bagian II : Total nilai Bagian II / 4 x 75 %

Buku Referensi :
a) Coursebook 760 : Personal Insurances - The Chartered Insurance Institute 2001
b) Polis Standard Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia

BAGIAN I

1. Uraikan apa yang dimaksud dengan ” customer leads strategy ”
(Chapter 1 : bobot 100% )


Jawaban yang disarankan :

Suatu kondisi dimana perusahaan memiliki strategy dengan fokus utama memberikan service kepada nasabah dengan memenuhi atau melebihi harapan nasabah. Semua staff dari perusahaan akan memberikan pelayanan yang baik serta proses dan pengunaan tehnology yang didisign untuk mensuport kegiatannya

2. Sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perusahaan pada umumnya menempuh kebijakan pencapaian target produksi yang efektif.(Chapter 1 : bobot 100% )


Jawaban yang disarankan :

o Incresead market share
o Improve customer service
o More efficient operating processes
o Reduce cost base
o Enhance staff morale

3. Dalam melakukan risk control atas pertanggungan asuransi content, sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perlu dilakukan survey ulang.(Chapter 4 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

o Harga pertanggungan isi melebihi jumlah normal , dibedakan harga pertanggungan di kota dan daerah
o Nilai dari barang bernilai melebihi limit tertentu
o Klaim record yang jelek
o Property area berada pada daerah yang beresiko tinggi seperti daerah banjir
o Tertanggung telah mengalami kebongkaran

4. Sebutkan 5 (lima) jaminan dasar dalam asuransi perjalanan
(Chapter 6 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

a. Personal accident
b. Medical and associate expenses
c. Loss of deposit and other charges incurred due to cancellation or curtailment of the holiday
d. Baggage, personal effect and money
e. Personal liability

5. Uraikan 3 (tiga) hal yang harus dilakukan seorang petugas klaim setelah informasi awal diterima
(Chapter 8 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

o Informasi yang diberikan oleh tertanggung apakah sama dengan data tertanggung dalam polis yang masih berjalan
o Apakah bahaya yang menyebabkan kerugian tercover didalam polis
o Jika pengecualian timbul, maka perlu dilihat surat SPPA untuk melihat apakah ada breach of warranty

6. Sebutkan 5 (lima) syarat berlakunya prinsip kontribusi dalam polis asuransi personal.
(Chapter 14 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

a. Ada 2 atau lebih polis yang berlaku
b. Polis-polis tersebut menjamin kepentingan yang sama
c. Polis-polis tersebut menjamin resiko yang sehubungan dengan kerugian
d. Polis-polis tersebut menjamin subject matter yang sama
e. Setiap polis harus bertanggyng jawab untuk kerugian
f. Polis harus berlaku pada saat kejadian

7. Uraikan pengertian permanent total disablement
(Chapter 7 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

Permanent Total Disablement adalah dimana seseorang yang dipertanggungkan tidak dapat melakukan usahanya atau pekerjaannya dalam bentuk apapun atau melakukan pekerjaan-pekerjaan rutin.

8. Uraikan apa yang dimaksud dengan extended warranty
(Chapter 6 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

Menjamin asuransi atas pembelian alat-alat elektronik untuk keperluan rumah tangga. Jaminan yang diberikan umumnya pembebasan biaya repair atas electrical dan mechanical deffect untuk suatu periode , umumnya sampai 5 tahun. Kondisi dari extended warraty mengacu pada jaminan pabrikan ( garansi dan warranty ), yang umumnya hanya berlaku selama 1 tahun, dan asuransi ini merupakan perluasan dari periode tersebut.


BAGIAN II

9. Dalam kaitan dengan asuransi content, uraikan :
a. 6 (enam) luas jaminan legal liability dalam polis tersebut
b. 6 (enam) jenis legal liability yang tidak dijamin dalam polis tersebut.
Bobot Penilaian : a. (Chapter 4 : bobot 50%)
b. (Chapter 4 : bobot 50%)

Jawaban yang disarankan :

a. Antara lain point-pointnya adalah :
1. Death or bodily injury
2. Loss of or damage to property
3. Liability for your personal domestic service or contract of service for loss, damage injury, illness or disease
4. Loss or damage to the home and to landlords fixtures and fitting caused of theft, storm or flood, escape of oil and water, repair to plumbing after freezing, accidental damage to drains and pipes
5. Damage to internal decoration caused by fire or smoke
6. Court fees
7. Solicitor fees

b. Antara lain point-pointnya adalah :
1. The passing of any infectious disease or virus
2. Death or bodily injury and loss of or damage to property arising out of you or your household having a dog
3. Death or bodily injury to you and your household
4. Loss or damage to property suffered by you and your household
5. Your employment, business or profession or that of nay member of your household
6. A contractual obligation
7. Owning or using a motor vehicle
8. Using firearms apart from sporting guns used for sporting purposes
9. Riding horses for racing, steeple chasing or hunting
10. Compensation or other cost arising from accidents involving motor vehicles and ant trailers


10. Dalam kaitan dengan Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia, uraikan :
a. Pengertian kecelakaan dalam polis tersebut serta 3 (tiga) hal yang termasuk dalam pengertian tersebut
b. Ketentuan jaminan kematian (Jaminan A) dalam polis tersebut
(Polis standard Asuransi kecelakan Diri Indonesia)

Jawaban yang disarankan :

a. Kecelakaan : yaitu suatu kejadian atau peristiwa yang mengandung unsur kekerasan baik yang bersifat fisik maupun kimia, yang datangnya secara tiba-tiba, tidak dikendaki atau direncanakan, dari luar, terlihat ,langsung terhadap tertanggung yang seketika itu mengakibatkan luka badani yang sifat dan tempatnya dapat ditentukan oleh ilmu kedokteran

3 hal yang termasuk didalammya :

1. Keracunan karena terhirup gas atau uap beracun, kecuali tertanggung dengan sengaja memakai obat-obat bius atau zat lain yang telah diketahui akibat-akibat buruknya termasuk juga pemakaian obat terlarang
2. Terjangkit virus atau kuman penyakit sebagai akibat tertanggung dengan tidak sengaja terjatuh kedalam air atau suatu zat cair lainnya
3. Mati lemas atau tenggelam

b. Ketentuan jaminan kematian ( jaminan A ) dalam polis tersebut :
Jaminan A akan diberikan dalam hal tertanggung :
1. Meninggal dunia dalam batas waktu 12 bulan sejak terjadinya kecelakaan atau
2. Hilang atau tidak diketemukannya dalam waktu sekurang-kurangnya 60 hari sejak terjadinya kecelakaan sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis

11. Uraikan :
a. 5 (lima) faktor yang membatasi ganti rugi (indemnity).
b. 6 (enam) keuntungan dan 2 (dua) kerugian menggunakan arbitrase dalam penyelesaian perselisihan
Bobot Penilaian : a. (Chapter 14 : bobot 50%)
b. (Chapter 14 : bobot 50%)

Jawaban yang disarankan :

a. 5 (lima) faktor yang membatasi ganti rugi (indemnity).
1. Sum Insured
2. Excess
3. Francise
4. Valued and inventory policies
5. Aggred additional cost

b. 6 (enam) keuntungan dan 2 (dua) kerugian menggunakan arbitrase dalam penyelesaian perselisihan
Keutungannya :
1. Lebih secara privacy
2. Kurang formal dan waktu lebih cepat
3. Biaya lebih murah
4. Penanggung menghindari biaya legal yang mahal
5. Arbitrator ahli dalam insurance law
6. Kepututusan adalah final

Kerugiannya :
1. Tertanggung akan curiga dengan arbitrasi
2. Keputusan hakim kemungkinan akan lebih memihak kepada pihak arbiter


12. Jelaskan 6 (enam) hal khusus yang dipertimbangkan dalam penanganan klaim pencurian
(Chapter 8 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

a. Apakah tertanggung telah menginformasikan kepada polisi atas klaim yang terjadi
b. Apa ada kemungkinan mendapat recovery dari pihak ketiga. Contoh : bila tertanggung tinggal dihotel.
c. Mode of entry.
d. Okupansinya , karena bila kosong akan memudahkan klaim pencurian
e. Kepemilikan
f. Nilai item yang di klaim
g. Recovery prospect ( jika ada salvage yang dikembalikan )


13. Dalam memasarkan produk-produk asuransi personal, perusahaan asuransi dapat menggunakan 2 (dua) cara yaitu direct dan indirect. Jelaskan 3 (tiga) jenis distribution channel dari masing-masing cara tersebut.
(Chapter 15 : bobot 100% )

Jawaban yang disarankan :

Distribution cahnnel terbagi dua :
1. Direct marketing channel
a. Direct marketing
b. Company sales staff
c. Home service agent

2. Indirect marketing channel
a. Consultans
b. Brokers
c. Agents


14. Dalam kaitan dengan asuransi household , jelaskan :
a. 6 ( enam ) pertimbangan underwriting dalam penilaian resiko asuransi
b. Apa yang dimaksud dengan unspecified dan specified item
Bobot Penilaian : a. (Chapter 5 : bobot 50%)
b. (Chapter 5 : bobot 50%)

Jawaban yang disarankan :

a. Poin-poin Penting dapat dipilih sebagai berikut :
b. Nama
c. Alamat
d. Alamat Resiko
e. Okupasi
f. Tanggal Lahir
g. Convictions
h. Insurance history
i. Claim or Loss history
j. Konstruksi Bangunan
k. Keadaan
l. Usia dari Bangunan
m. Jumlah kamar atau kamar tidur
n. Kepemilikan
o. Penggunaan Bangunan
p. Keamanan
q. Ukuran Bangunan
r. Kepentingan lainnya

b. Jawaban yang disarankan :
a. Unspecified Item adalah :
Harga pertanggungan yang dijamin maksimum dalam suatu kejadian dan dalam suatu waktu, umumnya dinilai berdasarkan cost of replacement dikurangi dengan wear and tier sehubungan dengan pakaian dan pakaian dari bulu binatang

b. Specified Item adalah :
Harga pertanggungan yang umumnya menyebutkan nilai penggantian dari item-item secara terperinci.
Contoh beberapa Specified Item adalah perhiasan, pakaian dari bulu, lukisan, barang yang disimpan di bank, alat-alat musik, kamera dan video

Tidak ada komentar:

Posting Komentar