Minggu, 12 Desember 2010

401 : PRINSIP-PRINSIP & PRAKTEK MANAJEMEN DALAM ASURANSI ( 20 MARET 2006 )

SENIN : 20 MARET 2006
Jam : 09.00 - 12.00

Ujian ini terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam

BAGIAN I

Jawab seluruhnya DELAPAN pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks).
Dianjurkan menggunakan waktu max. 45 menit untuk mengerjakan Bagian I.

1. Uraikan perbedaan antara struktur organisasi mechanistic dan organic
2. Uraikan 4 (empat) sumber daya yang perlu dikaji ulang dalam internal capabilities audit.
3. Uraikan 6 (enam) elemen dari marketing mix bagi suatu organisasi jasa keuangan.
4. Uraikan 3 (tiga) tingkatan informasi dalam suatu organisasi.
5. Uraikan penggunaan Balanced Scorecards sebagai salah satu model kontrol dalam suatu organisasi.
6. Sebutkan 6 (enam) hambatan komunikasi dalam suatu organisasi.
7. Uraikan 3 (tiga) karakteristik yang sangat menonjol yang membedakan Human Resources Management dari Personnel Management.
8. Uraikan pengertian Customer Relationship Management.


BAGIAN II

Jawab EMPAT dari ENAM pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks)

9. Dalam kaitan dengan manajemen informasi, jelaskan :
a. 4 (empat) area yang harus dipertimbangkan seorang manager dalam menentukan jenis informasi yang penting bagi pengambilan keputusan dan cara pemanfaatan informasi tersebut dalam menunjang keputusan yang diambil
b. 7 (tujuh) fitur dasar suatu sistem manajemen informasi

10. Dalam kaitan dengan laporan keuangan suatu perusahaan
a. Sebutkan 9 (sembilan) pihak yang berkepentingan untuk mengetahui informasi keuangan tersebut berikut alasannya
b. Jelaskan 5 (lima) jenis informasi keuangan secara umum yang ingin mereka ketahui

11. Dalam kaitan dengan proses budgeting, jelaskan :
a. 4 (empat) tahapan dalam menentukan budget
b. 6 (enam) metode budgeting

12. Dalam kaitan dengan leadership, jelaskan :
a. Perbedaan antara seorang manager dengan seorang leader
b. Teori transactional leadership
c. Teori transformational leadership

13. Dalam kaitan dengan pendelegasian
a. Jelaskan pengertian pendelegasian
b. Jelaskan 5 (lima) tahapan pendelegasian
c. Jelaskan 3 (tiga) manfaat pendelegasian
d. Sebutkan 4 (empat) hambatan pendelegasian

14. a. Jelaskan pengertian performance management
b. Jelaskan 4 (empat) mekanisme reward dalam performance management
c. Jelaskan perbedaan antara intrinsic reward dan extrinsic reward

JAWABAN

401 – PRINSIP-PRINSIP DAN PRAKTEK MANAJEMEN DALAM ASURANSI
MARET 2006

Ujian terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam

BAGIAN I

Jawaban harus mencakup namun tidak terbatas pada butir-butir jawaban yang disarankan dibawah ini.

Bobot nilai Bagian I adalah = Total bobot bagian I dibagi 8 dikali 25 %

Buku Referensi : Course book 935 : Principles dan Practice of Management in Insurance, The Charted Insurance Institute,


1. Uraikan perbedaan antara struktur organisasi mechanistic dan organic. (Chapter 1 – Management in Context)

Jawaban yang disarankan :
Mechanistic mempunyai : Organic mempunyai :
* garis batas dan pembagian tugas para pekerjanya yang jelas
* pendelegasian wewenang jarang terjadi

* departemen dengan lebih banyak keseragaman aktivitas kerja; banyak karyawan mengerjakan tugas yang serupa

* kendali individual yang sempit; kebanyakan karyawan tidak mempunyai kesempatan untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan tugasnya * spesialisasi tugas lebih sedikit dan lebih banyak multi-ketrampilan
* pendelegasian wewenang yang lebih besar kepada karyawan
* sedikit keseragaman antar karyawan dalam unit-unit kerja; hanya sedikit saja karyawan yang mengerjakan tugas yang serupa
* kendali individual yang luas; kebanyakan karyawan mempunyai kesempatan untuk membuat keputusan yang berkaitan dengan tugasnya
(Bobot 100%)

2. Uraikan 4 (empat) sumber daya yang perlu dikaji ulang dalam internal capabilities audit. (Chapter 2 – Strategic Management)

Jawaban yang disarankan :
(i) Sumber daya manusia
* Bagian besar nilai suatu perusahaan terletak pada orang-orang di dalamnya.
* Kualitas suatu perusahaan tidak hanya tergantung pada kebijakan recruitment dan training yang diterapkan, tetapi juga pada bagaimana struktur dan budaya perusahaan tersebut memberi kesempatan para karyawannya untuk berhubungan satu sama lain dan dengan klien mereka.

(ii) Sumber daya finansial
* Dapat dinilai dari laporan keuangan yang ada
* Mudah atau sulitnya menarik dana dari sumber eksternal memberi beban pada sumber daya finansial yang tersedia bagi inisiatif strategis pendanaan.

(iii) Sumber daya teknologi
* Perlengkapan modal seperti sistem manajemen informasi atau komunikasi mempunyai dampak yang besar pada pilihan bisnis yang tersedia bagi suatu perusahaan.

(iv) Sumber daya intelektual
* Pengetahuan akan pasar atau produk yang terspesialisasi, paten, merek atau merek dagang yang tersedia pada suatu perusahaan dapat meningkatkan postur strategisnya.
(Bobot 100%)

3. Uraikan 6 (enam) elemen dari marketing mix bagi suatu organisasi jasa keuangan. (Chapter 2 – Strategic Management)Jawaban yang disarankan :
(i) Product
produk atau jasa yang ditawarkannya

(ii) Price
harga atau ongkos yang dibebankan dan waktu yang dikaitkan dengan penjualannya

(iii) Promotion
program komunikasi yang dikaitkan dengan pemasaran produk atau jasanya

(iv) Place
distribusi dan logistik yang terlibat dalam membuat produk atau jasa tersedia

(v) People
kualitas pelayanan amat ditentukan oleh kualitas dan perilaku karyawannya; terutama bagi pekerjaan yang melibatkan kontak dengan pelanggan pada tingkat yang tinggi

(vi) Process
prosedur, rutinitas dan kebijakan yang digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan menentukan bagaimana ‘customer friendly’ suatu perusahaan akan dianggap
(Bobot 100%)

4. Uraikan 3 (tiga) tingkatan informasi dalam suatu organisasi. (Chapter 3 – Effective Control Technologies)

Jawaban yang disarankan :
(i) Strategis
* digunakan oleh manajemen puncak untuk merencanakan sasaran perusahaan dan menilai apakah sasaran tersebut dapat dicapai pada prakteknya.
* meliputi : profitabilitas umum, profitabilitas segmen bisnis yang berbeda-beda, prospek pasar yang akan datang, ketersediaan dan biaya penarikan sumber dana baru, total uang tunai yang dibutuhkan, total tingkat tenaga kerja dan modal yang dibutuhkan, dsb.
* kebanyakan informasi tersebut didapat dari sumber luar
* insidental; tidak berkala
untuk keperluan strategic planning

(ii) Taktis
* digunakan oleh manajemen madya untuk memastikan bahwa sumber daya bisnis dimanfaatkan (dan efisiensi dan efektivitasnya dimonitor) untuk mencapai sasaran strategis perusahaan.
* meliputi : laporan kontrol produktivitas atau analisa varian dan prakiraan arus kas, tingkat tenaga kerja dan hasil laba dalam suatu departemen dari perusahaan tersebut, dsb.
* dihasilkan secara internal; penekanan pada sisi akunting
* secara berkala : mingguan atau bulanan
untuk keperluan control management

(iii) Operasional
* digunakan oleh para manager garda depan, supervisor untuk memastikan tugas-tugas tertentu telah direncanakan dan dilaksanakan secara tepat
(Bobot 100%)

5. Uraikan penggunaan Balanced Scorecards sebagai salah satu model kontrol dalam suatu organisasi. (Chapter 3 – Effective Control Technologies)Jawaban yang disarankan :
Suatu pendekatan yang mengukur kinerja suatu perusahaan dengan melihat aktivitasnya dari 4 perspektif :
* perspektif finansial (financial perspective)
* perspektif internal (internal perspective)
* perspektif nasabah (customer perspective)
* pembelajaran dan pertumbuhan (learning and growth)
* mengidentifikasi pengetahuan, ketrampilan dan sistem (learning and growth) yang dibutuhkan para karyawan untuk berinovasi dan membangun kemampuan dan efektivitas strategis yang tepat (the internal processes) yang menghasilkan nilai spesifik ke pasar (the customer), yang pada akhirnya akan mengarah pada nilai pemegang saham yang lebih tinggi (the financials)
* ketika balanced scorecards dipetakan, akan terlihat sasaran turunan dari perusahaan, pembentukan dari tingkat bawah (learning and growth objectives) ke atas (peningkatan nilai pemegang saham).
* Peta balanced scorecards dapat digunakan sebagai cetak biru bagi pencapaian tujuan perusahaan.
(Bobot 100%)

6. Sebutkan 6 (enam) hambatan komunikasi dalam suatu organisasi. (Chapter 5 – Core Management Skills)

Jawaban yang disarankan :
6 di antara yang berikut :
* masalah ukuran
* diam/takut/kurang percaya diri
* pengetahuan adalah kekuasaan
* masalah bahasa
* masalah waktu
* training
* grapevine
* tidak mampu mengenali kapan untuk berbicara
* tidak mampu mendengarkan
(Bobot 100%)

7. Uraikan 3 (tiga) karakteristik yang sangat menonjol yang membedakan Human Resources Management dari Personnel Management. (Chapter 6 –Management of Human Resources)

Jawaban yang disarankan :
Human Resources Management :
(i) Memiliki suatu fokus strategis
* Berurusan dengan formulasi dan implementasi suatu strategi personil yang didesain untuk mendukung strategi bisnis secara keseluruhan.

(ii) Berurusan lebih kepada mendayagunakan dibanding mengendalikan.
* Fokus pada identifikasi bantuan yang dibutuhkan suatu organisasi, para manager dan karyawannya dalam mencapai tujuan korporasi dan individual.
* Mendukung satu sama lain daripada memperhatikan kepatuhan mereka atas sistem dan prosedur.

(iii) Proaktif
* Berurusan dengan perubahan dan pertumbuhan.
* Terus berkomunikasi dengan bisnis dan para manager dan mengantisipasi kebutuhan yang berkaitan dengan persnil, mengembangkan kebijakan untuk memenuhi kebutuhan sebelum timbul.
(Bobot 100%)

8. Uraikan pengertian Customer Relationship Management. (Chapter 7 – Business Trends)

Jawaban yang disarankan :
lebih mendekatkan diri kepada nasabah dan mengarah pada lingkungan yang proaktif
berupaya membangunhubugan dengan nasabah dengan mengerti kebutuhan mereka dan menawarkan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan tersebut
(Bobot 100%)


BAGIAN II

Jawaban harus mencakup namun tidak terbatas pada butir-butir jawaban yang disarankan dibawah ini.

Bobot nilai Bagian II adalah = Total bobot bagian II dibagi 4 dikali 75 % (hanya jawaban 4 nomor pertama yang diberi bobot)


9. Dalam kaitan dengan manajemen informasi, jelaskan : (Chapter 3 – Effective Control Technologies)
a. 4 (empat) area yang harus dipertimbangkan seorang manager dalam menentukan jenis informasi yang penting bagi pengambilan keputusan dan cara pemanfaatan informasi tersebut dalam menunjang keputusan yang diambil
b. 7 (tujuh) feature dasar suatu sistem manajemen informasi


Jawaban yang disarankan :
a. (i) Informasi yang dibutuhkan seorang manager (Bobot 55%)
Informasi apa yang digunakan dan yang dalam aktivitas bisnis perusahaan? Untuk keputusan yang bagaimana informasi tersebut dibutuhkan untuk membantu mencapai sasaran perusahaan?
* Sumber daya apa yang tersedia ? (karyawan, dana anggaran)
* Tingkat produktivitas mana yang dicapai?
* Apakah sasaran terpenuhi?
* Data finansial untuk memutuskan reruitment.
* Data penjualan untuk memutuskan strategi pemasaran
* Informasi harga properti untuk memutuskan pindah kantor
* Informasi hukum kompetisi asing untuk memutuskan ekspansi ke luar negeri

(ii) Bagaimana informasi distrukturkan
Manager perlu mengetahui bagaimana informasi distrukturkan saat ini, dan bagaimana distrukturkan di masa yang akan datang
* Apakah informasi datang dalam bentuk laporan yang dibuat sistem yang siap buat, laporan verbal dari suatu departeen atau karyawan yang terpercaya atau laporan ari badan konsultasi eksternal atau badan statistik nasional?
* Apakah informasi tersebut datang dalam bentuk tulisan, dalam bentuk grafik atau dalam format lain?
* Seberapa mudah bagi manager untuk menginterpretasikan data yang disajikan?

(iii) Pengumpulan dan penggabungan informasi
* Seberapa sering informasi datang?
* Apakah informasi datang lewat fax, e-mail atau telepon?
* Apakah informasi dalam format yang konsisten?
* Apakah informasi dikumpulkan secara otomatis dari sumber yang terpercaya atau dikumpulkan dan digabungkan secara manual?

(iv) Penyajian informasi
Manaager perlu mempertimbangkan cara terbaik menyajikan informasi untuk membuatnya mudah dipahami
* Apakah perlu diinterpretasikan dan disederhanakan, atau dibiarkan sebagai data mentah?
* Apakah perlu dalam bentuk grafik secara keseluruhan?
* Apakah perlu membentuk subjek suatu rapat?
* Apakah perlu dikirim ke semua pihak yang berkepentingan dalam bentuk tertulis?

b. (i) Informasi mengalir secara horisontal dan vertikal (Bobot 45%)
* Informasi dalam aliran vertikal (antara atasan dan bawahan) yang banyak dipertimbangkan
* Laporan yang dihasilkan oleh suatu sistem informasi beragam dari :
+ informasi untuk manajemen tingkat bawah tentang area kecil dari perusahaan di bawah kendali mereka
+ laporan bersifat lebih luas untuk manajemen puncak berkaitan dengan kendali keseluruhan
* Inti dari MIS adalah informasi taktis untuk kendali manajemen meskipun MIS akan mempunyai banyak sub-sistem yang menyediakan informasi yang beragam dari informasi operasional hingga startegis.
* Siklus kendali (perbandingan antara hasil aktual dengan rencana dan pembuatan laporan yang eksepsional untuk menunjukkan di mana tindakan kendali mungkin diperlukan) tidak dapat efektif kecuali jika rencana dipersiapkan dengan matang.
* Spesifikasi yang dibuat secara akurat dan hati-hati tentang area tanggung jawab manajemen sangat penting.
Spesifikasi tersebut dibutuhkan untuk memastikan informasi akan mengalir ke manager yang membutuhkannya.
* Informasi yang dihasilkan harus dapat mengukur hasil aktual terhadap rencana sehingga keputusan dapat diambil pada semua tingkatan manajemen.
Data harus tersedia untuk memungkinkan majemen senior merencanakan bagi masa depan dan komputer sangat berharga untuk mempersiapkan prakiraan dari sejumlah besar data
* Terdapat banyak sumber informasi
terkait dengan teknologi informasi


10. Dalam kaitan dengan laporan keuagan suatu perusahaan. (Chapter 4 – Financial Management)
a. Sebutkan 9 (sembilan) pihak yang berkepentingan untuk mengetahui informasi keuangan tersebut berikut alasannya
b. Jelaskan 5 (lima) jenis informasi keuangan secara umum yang ingin mereka ketahui


Jawaban yang disarankan :
a. (i) Direksi dan manager perusahaan (Bobot 45%)
* bertanggung jawab untuk mengelola perusahaan
* apakah perusahaan telah memanfaatkan sember daya yang ada

(ii) Karyawan perusahaan
* apakah pekerjaan mereka dalam posisi aman
* dari informasi finansial dapat dilihat kinerja perusahaan dan kemampuan perusahaan untuk membayar gaji mereka

(iii) Masyarakat
* orang-orang yang potensial menjadi investor atau pemegang saham dalam perusahaan, kelompok yang mengawasi aktivitas perusahaan, orang-orang yang berkeinginan untuk bekerja pada perusahaan tersebut

(iv) Otoritas pajak
* berapa besar pajak yang diharapkan dapat diterima dari perusahaan tersebut

(v) Analis keuangan
* untuk mengetahui kinerja perusahaan
* agar dapat memberi advis kepada parapemegang saham atau calon pemegang saham untuk jual atau beli saham perusahaan tersebut

(vi) Kreditor dan pemberi pinjaman
* apakah mereka harus menekan pengembalian pinjaman secepatnya, dalam hal perusahaan tersebut terlihat akan bangkrut, atau akan bersikap tenang terhadap penyelesaian tagihan

(vii) Pesaing
* membantu memahami keunggulan dan kelemahan pesaing

(viii) Pemegang saham
* perorangan atau institusi yang memiliki saham dalam perusahaan

(ix) Regulator
* termasuk organisasi yang mengatur dan mengawasi perusahaan

b. (i) Aktivitas perusahaan (Bobot 55%)
* Masyarakat mungkin ingin mengetahui apa saja yang telah dilakukan perusahaan dalam satu tahun terakhir.
* Laporan keuangan kadang menyajikan narasi tentang aktivitas perusahaan
menguraikan keberhasilan dan kegagalan dalam area khusus
`memuat projek-projek baru yang dikerjakan dan yang terhenti
memuat sasaran direksi untuk manajemen saat ini dan yang akan datang

(ii) Posisi Kas (Likuiditas)
jumlah kas (uang yang dapat segera tersedia untuk dipakai) yang dipunyai, atau dapat diupayakan, oleh perusahaan
dibutuhkan untuk membayar biaya dan ongkos perusahaan
perusahaan yang kehabisan uang tunai akan cepat mengalami kesulitan dalam perdagangan

(iii) Profitabilitas
jumlah uang yang tersisa jika semua biaya dan ongkos dikurangkan dari pendapatan perusahaan
* impas (broken even) : jumlah yang tersisa nol
* rugi (loss) : jumlah yang tersisa negatif
* untung (profit) : jumlah yang tersisa positif
bagi para manager : seberapa baik mereka telah mengelola perusahaan
bagi para karyawan : untuk memastikan kelangsungan bisnis perusahaan dan pekerjaan mereka aman
bagi para pemegang saham : berapa pendapatan yang akan mereka terima dari saham mereka pada perusahaan; apakah akan terus berinvestasi di sini atau memindahkannya demi hasil yang lebih baik

(iv) Pendapatan dan Pengeluaran
berapa jumlahpendapatan yang diterima dalam satu tahun dari penjualan produk atau jasanya
jika dikumpulkan dari tahun ke tahun, dapat dibuat gambar volume penjualan produk dan melihat apakah naikatau turun dari waktu ke waktu
pengeluaran seperti upah, bahan baku, kendaraan perusahaan dan sewa
komparasi tahunan memberi gambaran naik atau turunnya pengeluaran dari waktuke waktu

(v) Kekayaan Perusahaan
seberapa kaya perusahaan/bisnis, bagaimana kekayaan tersebut disimpan, dan berapa banyak kekayaan tersebut disimpan dalam masing-masing bentuk (kas, atau properti, atau peralatan)


11. Dalam kaitan dengan proses budgeting, jelaskan : (Chapter 4 – Financial Management)
a. 4 (empat) tahapan dalam menentukan budget
b. 6 (enam) metode budgeting


Jawaban yang disarankan :
a. (i) Tahap 1 : Panduan dari pimpinan puncak (guidelines from the chief executive) (Bobot 50%)
* Pimpinan puncak mengeluarkan panduan umum atas anggaran induk kepada kepala departemen
* Dalam perusahaan yang lebih besar, komite anggaran dapat dibentuk
terdiri dari para manager fungsional dan departemental, dan diketuai oleh chief executive
* Akuntan manajemen membantu dalam mempersiapkan data anggaran yang diajukan para manager
* Meliputi :
+ komentar atas kinerja perusahaan selama tahun finansial yang baru saja selesai
+ penjelasan tentang perbedaan antara kinerja aktual dan kinerja yang dianggarkan untuk tahun tersebut
+ pandangan mereka tentang perubahan yang diharapkan dalam iklim bisnis di tahun yang akan datang
+ rencana bagi pertumbuhan, terutama rencana peluncuran produk baru dalam duabelas bulan mendatang

(ii) Tahap 2 : Konsultasi dan persiapan
* Proses persiapan bagi masing-masing fungsi dan aktivitas lain dalam perusahaan dapat berlangsung berbulan-bulan dan dalam bentuk yang beragam
* Kebanyakan metode penganggaran membutuhkan konsultasi anatar manager dengan atasan dan bawahannya
mengumpulkan informasi yang relevan untuk memprediksi jumlah pendapatan dan pengeluaran di masa yang akan datang
* Setelah menerima panduan dari chief executive, masing-masing kepala departemen mendiskusikannya dengan anggota timnya
* Masing-masing departemen berusaha untuk menyusun anggarannya sendiri, memastikannya sesuai dengan sasaran dari anggaran induk

(iii) Tahap 3 : Pengkajian oleh komite anggaran
* Anggaran departemen dikaji oleh komite anggaran atau chief executive untuk memastikannya :
+ sesuai dengan kebijakan anggaran induk
+ menunjukkan bagaimana sasaran departemen akan dicapai
+ menunjukkan hambatan yang sedang diatasi departemen
+ realistis, yaitu mencerminkan kinerja departemen dalam kurun waktu tersebut
+ mencerminkan tanggung jawab finansial departemen yang bersangkutan
* Kemudian disatukan menjadi anggaran perusahaan

(iv) Komunikasi
* Setelah anggaran induk dan departemen ditetapkan, maka dikomunikasikan kepada para manager sebelum dimulainya tahun finansial yang sesuai, sehingga mereka dapat mengetahui rencana bagi departemen mereka sendiri dan dapat mengimplementasikannya

b. (i) Fixed budgeting (Bobot 50%)
* tidak berubah setelah ditetapkan, apapun perubahan yang terjadi dalam kinerja perusahaan dalam kenyataannya
* angka yang diprojeksikan dibandingkan dengan angka aktualnya pada akhir masa anggaran

(ii) Flexible budgeting
* berubah seiring dengan tingkat aktivitas perusahaan sesungguhnya dari waktu ke waktu
* Mis. jika biaya upah secara tak terduga meningkat pada pertengahan masa anggaran, maka angka yang dianggarkan untuk biaya upah akan diubah pada dokumen anggaran, untuk menunjukkan gambaran yang sesungguhnya.

(iii) Top-down budgeting
* Pemilik atau direksi menetapkan rencana individual untuk tiap departemen dan fungsi
diberikan kepada masing-masing manager untuk diimplementasikan

(iv) Bottom-up budgeting
* Setiap manager departemen menyusun anggaran masing-masing.
diserahkan kepada manager dan direksi yang kemudian mengkoordinasikan anggaran individual ke dalam anggaran induk perusahaan

(v) Zero-based budgeting (ZBB)
* ZBB mengharuskan manager untuk memulai dari nol (zero), yaitu posisi tidak punya apa-apa untuk setiap butir yang ditetapkan
setiap angka yang mereka putuskan diperlukan untuk setiap butir harus dapat dijustifikasi
* umumnya diterpakan pada pembiayaan area yang individual dan self-contained seperti riset, perawatan masin atau jasa hukum
* ditetapkan oleh manajemen puncak

(vi) Rolling budgets
* anggaran yang selalu melihat ke depan
* dengan anggaran bergulir 12 bulan, pada setiap akhir bulan, satu bulan ditambahkan pada ujung masa 12 bulan anggaran
* dengan cara ini, manager selalu melihat ke 12 bulan di depan, dan dapat membuat perubahan pada anggaran masa depan secara berkala


12. Dalam kaitan dengan leadership, jelaskan : (Chapter 5 – Core Management Skills)
a. Perbedaan antara seorang manager dengan seorang leader
b. Teori transactional leadership
c. Teori transformational leadership


Jawaban yang disarankan :
a. Manager (Bobot 30%)
seseorang yang mengerjakan fungsi yang spesifik dalam manajemen dan memegang suatu jabatan resmi atau mengerjakan suatu bagian resmi dalam suatu perusahaan
* mis. seorang manager bertanggung jawab atas kinerja dan produktivitas dari satu atau lebih bawahannya dalam suatu sub-unit tertentu dari perusahaan

Leader
seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan
tidak perlu jabatan resmi
memimpin pengikutnya dengan kekuatan kepribadiannya

b. Teori transactional leadership (Bobot 35%)
menjelaskan bagaimana seorang manager dapat memberikan penghargaan kepada bawahannya sebagai imbalan atas kinerja dan usaha mereka
penghargaan yang diharapkan bawahan antara lain:
* promosi dan tanggung jawab yang lebih besar
* kenaikan gaji
* pekerjaan yang lebih menantang
* cuti tetap digaji
* pengakuan
* dua komponen utamanya :
+ pemimpin (leader) memberikan penghargaan jika, dan hanya jika, bawahan menampilkan kinerja yang cukup dan/atau berusaha dengan cukup keras
+ pemimpin (leader) tidak berusaha untuk mengubah metode kerja yang ada yang dijalankan bawahan selama sasaran kinerja tercapai, dan mengintervensi hanya jika terdapat sesuatu yang tidak beres

c. Teori transformational leadership (Bobot 35%)
mengembangkan, menginspirasikan dan menantang intelektualitas pengikutnya dalam rangka membawa mereka melampaui kepentingan mereka sendiri dalam pelayanan mereka dari suatu tujuan bersama yang lebih tinggi
memaju dengan contoh pribadi sendiri
* empat komponen utamanya :
+ pemimpin (leader) memperlakukan setiap bawahannya berdasarkan merits mereka masing-masing, dan berusaha mengembangkan pengikutnya melalui pendelagasian projek dan membimbing atau menjadi mentor
+ pemimpin (leader) memacu kebebasan berpikir dan menekankan pada penalaran sebelum suatu tindakan diambil
+ pemimpin (leader) menciptakan visi ke depan yang optimistis, jelas dan dapat dicapai, sehingga memacu yang lain untuk mengutarakan harapan mereka
+ pemimpin (leader) melakukan pengorbanan pribadi (mis. potong gaji atau mengabaikan liburan), mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan berbagai kemenangan (glory) dengan yang lain


13. Dalam kaitan dengan pendelegasian. (Chapter 5 – Core Management Skills)
a. Jelaskan pengertian pendelegasian
b. Jelaskan 5 (lima) tahapan pendelegasian
c. Jelaskan 3 (tiga) manfaat pendelegasian
d. Sebutkan 4 (empat) hambatan pendelegasian


Jawaban yang disarankan :
a. Pendelagasian (Bobot 20%)
suatu proses di mana seorang manager secara sengaja memberikan bawahannya suatu tanggung jawab untuk mengerjakan suatu tugas, disertai dengan wewenang untuk melaksanakannya

b. Tahap 1 : Observasi (Bobot 30%)
* manager mendemonstrasikan kepada bawahannya bagaimana tugas tersebut dikerjakan dengan melakukannya sendiri
* bawahan diminta untuk memperhatikan dan memberi kritikan
* pendekatan yang baru mungkin dapat meningkatkan tugas yang dikerjakan

Tahap 2 : Membimbing
* minta bawahan mengerjakan tugas tersebut
* bawahan diberi pengarahan dan diijinkan untuk meminta penjelasan atas tiap bagian yang dia tidak yakin bagaimana mengerjakannya, tetapi kemudian mereka harus mengerjakannya dengan diawasi dan dibantu oleh manager

Tahap 3 : Mengontrol
* penerima delegasi dapat mengerjakannya sendiri, tanpa pengawasan

Tahap 4 : Exception
* tugas dikerjakan oleh penerima delegasi tanpa pertanyaan
* pada akhirnya, penerima delegasi harus melapor kepada pemberi delegasi untuk mendiskusikan setiap poin tertentu.

Tahap 5 : Pendelegasian
* pemberi delegasi mengatur agar tugas tersebut diberikan secara langsung kepada penerima delegasi
* suatu cara untuk memastikan bahwa manager telah menyerahterimakan tanggungjawab dan wewenang atas pekerjaan tersebut

c. Manfaat pendelegasian : (Bobot 25%)
(i) manager mendapat lebih banyak waktu untuk berkonsentrasi pada aktivitas tingkat tinggi, seperti strategic planning
(ii) bawahan dapat mengambil tanggungjawab yang lebih besar dan belajar ketrampilan baru dalam tranches yang mandiri dan lebih mudah diatur
(iii) pendelagasian memacu semangat tim dengan memberi kesempatan staf untuk berpartisipasi lebih besar dalam tugas dan keputusan perusahaan

d. Hambatan pendelegasian : (Bobot 25%)
(i) manager tidak yakin penerima delegasi dapat mengerjakan tugas tersebut – paling tidak sebaik yang dia kerjakan
(ii) manager menikmati mengerjakan tugas tersebut meskipun tidak memanfaatkan secara optimal waktu dan kemampuan mereka
(iii) manager takut keahlian dan kemampuan bawahan dan tidak akan mengembangkan mereka dengan memberi kesempatan untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar
(iv) proses yang makan waktu banyak; manager tidak dapat menyisihkan waktunya untuk menjelaskan tentang tugastersebut dan membimbing bawahannya


14. a. Jelaskan pengertian performance management. (Chapter 6 –Management of Human Resources)
b. Jelaskan 4 (empat) mekanisme reward dalam performance management
c. Jelaskan perbedaan antara intrinsic reward dan extrinsic reward
Jawaban yang disarankan :
a. Performance management (Bobot 25%)
pendekatan sistematik pada pengelolaan sumber daya manusia dengan menggunakan kinerja dan pengembangan sebagai kekuatan untuk memotivasi karyawan secara perorangan untuk memberikan kontribusi kepada sasaran perusahaan sedangkan dalam waktu yang sama mewujudkan rencana pengembangan karir mereka sendiri

b. Mekanisme reward dalam performance management: (Bobot 50%)
(i) Bonus individual
pembayaran bonus individual (umumnya bonus uang tunai) atas pencapaian tingkat kinerja yang ditargetkan atau sasaran spesifik
* umumnya pada bagian penjualan; efektif
* dapat menuju pada kompetisa yang tidak produktif antar individu dan dapat memecah belah

(ii) Bonus tim
bekerja dalam cara yang serupa seperti bonus individual, tetapi, berkaitan dengan pencapaian target dan sasaran grup
* umumnya dibagi secara sama rata atau persentase dari gaji
* dapat menimbulkan ketegangan di dalam tim akibat anggota yang tidak menunjukkan kinerjanya

(iii) Bagi laba
didesain untuk memberi penghargaan kepada para individu atas dasar kinerja perusahaan
* membantu menimbulkan komitmen dari segenap karyawan yang tercakup dalam skema tersebut untuk kesuksesan perusahaan
* dapat dipengaruhi oleh faktor di luar kendali mereka
* tidak ada hubungan yang jelas antara kinerja individu dengan tingkat bagi laba

(iv) Bagi hasil
didesain untuk melibatkan seluruh karyawan dalam penyusunan dan penerapan ide untuk memperbaiki aspek-aspek spesifik dari kinerja perusahaan
* kelompok karyawan secara berkala bertemu untuk membahas cara memperbaiki kinerja
* jika ide yang diterapkan oleh kelompok ini menghasilkan secara finansial bagi perusahaan, suatu persentase dari hasil (mis. 50%) didistribusikan kepada para anggota kelompok

c. Intrinsic rewards (Bobot 25%)
ditimbulkan dari kesenangan yang individu asosiasikan dengan mengerjakan tugas itu sendiri, mis. penggunaan kemampuan pribadi secara penuh, menyelesaikan persoalan, mengambil tanggung jawab atas keputusan, pencapaian target dan bekerja dengan orang-orang yang berpikiran sama

Extrinsic rewards
diberikan kepada karyawan oleh perusahaan, termasuk gaji dan upah, bonus kinerja, mobil, upah lembur, bonus cuti dan kontribusi dana pensiun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar