SELASA : 21 MARET 2006
Jam : 14.00 - 17.00
Ujian ini terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam
BAGIAN I
Jawab seluruhnya DELAPAN pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks).
Dianjurkan menggunakan waktu max. 45 menit untuk mengerjakan Bagian I.
1. Uraikan tujuan utama dari manajemen underwriting.
2. Sebutkan 4 (empat) unsur utama yang menentukan kriteria pokok dari persyaratan polis.
3. Uraikan 4 (empat) hal pokok yang ditegaskan dalam operative clause.
4. Uraikan dasar pertimbangan tertanggung untuk mengasuransikan suatu kepentingan secara first loss.
5. Uraikan apa yang dimaksud dengan insurance cycle.
6. Uraikan 2 (dua) alasan mengapa data reported claims yang umumnya digunakan dalam perhitungan burning cost dianggap kurang representatif.
7. Uraikan penerapan computer date recognition clause yang pada umumnya dianut oleh perusahaan asuransi harta benda di Inggris.
8. Uraikan apa yang dimaksud dengan solvency margin.
BAGIAN IIJawab EMPAT dari ENAM pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks)
9. Dalam kaitan dengan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kebijakan underwriting, jelaskan permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan:
a. Scope of cover
b. Limits to cover
c. Market position
d. New business growth.
10. Sebagaimana halnya dengan badan usaha komersil lainnya, perusahaan asuransi juga berusaha untuk mendapatkan keuntungan. Sehubungan dengan hal tersebut, jelaskan 3 (tiga) cara sebuah perusahaan asuransi menetapkan ukuran profit margin yang ingin dicapai.
11. Jelaskan 3 (tiga) cara yang umum digunakan untuk menjaga stabilitas claims ratio dan/atau profit balance dalam kaitan dengan stabilitas finansial sebuah perusahaan asuransi.
12. a. Jelaskan 6 (enam) alasan mengapa seorang underwriter sangat memerlukan dukungan reasuransi.
b. Jelaskan 3 (tiga) keadaan mengapa sebuah perusahaan reasuransi mungkin gagal memenuhi kewajibannya untuk membayar klaim.
13. a. Jelaskan 6 (enam) unsur penting dari proses underwriting.
b. Jelaskan 4 (empat) prosedur pengendalian yang dapat digunakan untuk mengawasi pendelegasian wewenang underwriting.
c. Jelaskan 3 (tiga) penyebab yang mempengaruhi terjadinya perubahan dalam jaringan distribusi yang memaksa underwriter harus meneliti ulang kewenangan underwriting yang telah diberikan.
14. Bila hasil underwriting sebuah perusahaan tidak memuaskan akibat rendahnya kualitas underwriting, jelaskan 5 (lima) permasalahan yang harus dipertimbangkan dalam menyusun dan melaksanakan program perbaikan kebijakan underwriting tersebut.
JAWABAN
602 : MANAJEMEN UNDERWRITING
MARET 2006
Ujian terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam
BAGIAN I
Jawaban harus mencakup namun tidak terbatas pada butir-butir jawaban yang disarankan dibawah ini.
Bobot nilai Bagian I adalah = Total bobot bagian I dibagi 8 dikali 25 %
Buku referensi : Coursebook 815 : Underwriting Management – The Chartered Insurance Institute, 2001
1. Uraikan tujuan utama dari manajemen underwriting. (Ref : Chapter 2)
Jawaban yang disarankan :
Untuk mamastika agar produk-produk yang dipasarkan perusahaan selalu mencerminkan filosofi dan kebijakan underwriting perusahaan.
(Bobot 100%)
2. Sebutkan 4 (empat) unsur utama yang menentukan kriteria pokok dari persyaratan polis. (Ref : Chapter 2)
Jawaban yang disarankan :
Operative Clause, Exemtions (or exclusions) clauses, conditions clauses, dan schedule.
(Bobot 100%)
3. Uraikan 4 (empat) hal pokok yang ditegaskan dalam operative clause. (Ref : Chapter 2)
Jawaban yang disarankan :
- Subject matter of insurance
- Risks atau perils covered
- Periode of insurance
- Premium payment
(Bobot 100%)
4. Uraikan dasar pertimbangan tertanggung untuk mengasuransikan suatu kepentingan secara first loss. (Ref : Chapter 2)
Jawaban yang disarankan :
Tertanggung mempertimbangkan/yakin bahwa kerugian yang terjadi disebabkan peril yang dijamin tidak akan melebihi sebagian kecil dari total nilai keseluruhan banrang yang diasuransikan.
(Bobot 100%)
5. Uraikan apa yang dimaksud dengan insurance cycle. (Ref : Chapter 2)
Jawaban yang disarankan :
Adalah turun naiknya harga asuransi yang biasanya akan naik bila keadaan ’hard’ dan akan turun bila keadaa ’soft’. Dalam keadaan ’hard market’ keuntungan berada ditangan perusahaan asuransi.
(Bobot 100%)
6. Uraikan 2 (dua) alasan mengapa data reported claims yang umumnya digunakan dalam perhitungan burning cost dianggap kurang representatif. (Ref : Chapter 3)
Jawaban yang disarankan :
- Hanya menampilkan klaim yang telah diberitahukan
- Hanya merefleksikan informasi terkini dari klaim yang menjadi beban insurer
(Bobot 100%)
7. Uraikan penerapan computer date recognition clause yang pada umumnya dianut oleh perusahaan asuransi harta benda di Inggris. (Ref : Chapter 6)
Jawaban yang disarankan :
Mengabaikan CDR bila kegagalan dapat menimbulkan kerugian yang pada umumnya dapat diasuransikan. Misalnya, kegagalan menyebabkan kebakaran, peledakan, dll.
(Bobot 100%)
8. Uraikan apa yang dimaksud dengan solvency margin. (Ref : Chapter 6)
Jawaban yang disarankan :
Adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi tanggung-jawab finansilnya bila telah jatuh tempo. Ukurannya adalah surplus nilai aset perusahaan terhadap kewajibannya.
(Bobot 100%)
BAGIAN II
Jawaban harus mencakup namun tidak terbatas pada butir-butir jawaban yang disarankan dibawah ini.
Bobot nilai Bagian II adalah = Total bobot bagian II dibagi 4 dikali 75 % (hanya jawaban 4 nomor pertama yang diberi bobot)
9. Dalam kaitan dengan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kebijakan underwriting, jelaskan permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan: (Ref : Chapter 2)
a. Scope of cover
b. Limits to cover
c. Market position
d. New business growth.
Jawaban yang disarankan :
a) Scope of cover:
Eksternal: Adanya persyaratan hukum yang harus dipenuhi oleh semua perjanjian asuransi yaitu:
- Adanya insurable interest
- Kedua pihak memenuhi prinsip utmost good faith
- Subject matter of insurance harus betul-betul ada
- Subject matter of insurance harus dapat diidentifikasi
Internal: relative tidak ada, hanya kurangnya expertise.
(Bobot 25%)
b) Limits to cover:
- Eksternal: Adanya keharusan/peraturan dimana perusahaa asuransi harus menjaga tingkat kesehatan keuangan dan tingkat solvabilitas minimum untuk menjaga terhadap keadaan hasil keuangan yang buruk.
- Internal: Keterbatasan kapasitas berkaitan dengan keterbatasan program reasuransi dan kemampuan tehnis untuk memberikan perluasan cover.
(Bobot 25%)
c) Market position:
- External: timbul dari persaingan dan posisi perusahaan dalam segmen pasar tertentu.
- Internal: muncul dari kekuatan/keterbatasan dan effectiveness dari fungsi marketing dan kemampuannya untuk bekerjasama/berkoordinasi dengan fungsi tehnik.
(Bobot 25%)
d) New business growth:
- Eksternal: juga dapat disebabkan keterbatasan persyaratan solvency
- Internal:
i. Pembatasan dari underwriting
ii. Lack of effective marketing
iii. Poor sales performance
iv. Secara sengaja membatasi akseptasi.
(Bobot 25%)
10. Sebagaimana halnya dengan badan usaha komersil lainnya, perusahaan asuransi juga berusaha untuk mendapatkan keuntungan. Sehubungan dengan hal tersebut, jelaskan 3 (tiga) cara sebuah perusahaan asuransi menetapkan ukuran profit margin yang ingin dicapai. (Ref : Chapter 5)
Jawaban yang disarankan :- Profit target: dimana target dinyatakan dalam suatu jumlah dan untuk itu underwriter harus mempertimbangkan hal-hal berikut:
Tingkat keuntungan, apakah sebelum atau setelah diperhitungkan overhead, reasuransi dan investment income
Hubungan antara volume dan margin
Apakah underwriter dapat mengendalikan bottom line drivers lainnya
Ketergantungan pada hasil usaha bidang-bidang lainnya
Sumber daya yang tersedia untuk mengembangkan bisnis lainny
(Bobot 80%)
- Profit as a margin dari Premium:
Tugas underwriter adalah untuk mencapai profit dalam jumlah sekian persen dari pemasukan dan sama hal dengan di atas juga ada berbagai pertanyaan yang harus dijawab
(Bobot 10%)
- Profit sebagai persentasi dari modal yang dialokasikan:
• Profit yang ingin dicapai ditetap sekian persen dari modal (ROE) dan biasanya jauh diatas return yang dapat diberikan oleh bank.
(Bobot 10%)
11. Jelaskan 3 (tiga) cara yang umum digunakan untuk menjaga stabilitas claims ratio dan/atau profit balance dalam kaitan dengan stabilitas finansial sebuah perusahaan asuransi. (Ref : Chapter 6)Jawaban yang disarankan :
a) Penetapan tingkat gross dan net acceptance
Keberhasilan underwriting ditentukan oleh keahlian dan kehati-hatian dalam melakukan seleksi risiko termasuk dalam menetapkan harga yang memadai dan penetapan tingkat gross dan net acceptances yang benar.
(Bobot 30%)
b) Program reasuransi
Reasuransi digunakan underwriter untuk membatasi potensi maksimum exposurnya sehingga overall underwriting result dapat dijaga tetap stabil. Reasuransi membantu menjaga stabilitas finansil melalui pemberian capacity, spread dan security.
(Bobot 30%)
c) Penggunaan layered covers dan deductibles
Digunakan bila underwriter harus menerima suatu account secara block risk dimana tidak dilakukan pemisahan antara risiko yang baik dan tidak baik. Dengan layered covers underwriter dapat menjaga stabilitas hasil underwritingnya dengan menetap suatu primary layer tertentu dengan suatu deductible yang dianggapnya tepat dimana layer ini dimaksudkan untuk menangani semua normal claims. Selanjutnya dirancang layer-layer berikutnya sampai batas maximum exposure.
(Bobot 40%)
12. a. Jelaskan 6 (enam) alasan mengapa seorang underwriter sangat memerlukan dukungan reasuransi. (Ref : Chapter 6)
b. Jelaskan 3 (tiga) keadaan mengapa sebuah perusahaan reasuransi mungkin gagal memenuhi kewajibannya untuk membayar klaim. (Ref : 6/24-F3)
Jawaban yang disarankan :
a) 6(enam) alasan mengapa seorang underwriter sangat memerlukan dukungan reasuransi:
- Perlindungan terhadap single large event
- Perlindungan terhadap klaim besar atas satu objek pertanggungan
- Perlindungan terhadap modal perusahaan
- Meningkatkan kapasitas operasional – dapat memberikan pelayanan kepada semua lapisan nasabah
- Memungkinkan untuk masuk ke pasar baru
- Membantu dalam membangun suatu account.
- Meminimalisasi dampak kerugian atas penghasilan yang diperoleh
(Bobot 60%)
b) 3(tiga) keadaan mengapa sebuah perusahaan reasuransi mungkin gagal memenuhi kewajibannya untuk membayar klaim :
- Perusahaan asuransi tidak lagi berusaha/tutup usaha
- Klaim yang diajukan ditolak, mungkin karena terjadi pelanggaran terhadap prinsip-prinsip dasar misalnya utmost good faith
- Penepempatan risiko dengan ‘innocent security’ dimana preusan reasuransi yang dipakai mungkin tidak well-informed tentang risiko yang ditawarkan dan setelah terjadi klaim ternyata informasi yang diberikan underwriter tidak cocok dengan keadaan yang sebenarnya.
(Bobot 40%)
13. a. Jelaskan 6 (enam) unsur penting dari proses underwriting. (Ref : Chapter 2)
b. Jelaskan 4 (empat) prosedur pengendalian yang dapat digunakan untuk mengawasi pendelegasian wewenang underwriting.
c. Jelaskan 3 (tiga) penyebab yang mempengaruhi terjadinya perubahan dalam jaringan distribusi yang memaksa underwriter harus meneliti ulang kewenangan underwriting yang telah diberikan.
Jawaban yang disarankan :
a. 6 (enam) unsur penting dari proses underwriting.
- Identifikasi risiko
- Measurement of risk
- Menetapkan parameter untuk seleksi risiko
- Membatasi exposure atas seorang nasabah dan agregat atas seluruh portofolio
- Menyiapkan perjanjian legal yang rinsi
- Memnetapkan harga dengan memperhitungkan biaya akuisisi dan biaya operasional
- Penagihan premi
- Pembayaran klaim sesuai polis
- Memonitor klaim
- Memmenuhi ketentuan regulatory dan menerapkan best practice.
(Bobot 45%)
b) 4(empat) prosedur pengendalian yang dapat digunakan untuk mengawasi pendelegasian wewenang underwriting:
- Mamahami pengalaman dan pengetahuan masing-masing individu penerima delegasi wewenang.
- Reviw secara periodic atas pelaksanaan kewenangan underwriting yang diberikan
- Pelatihan yang memadai
- Pengukuran risiko oleh team audit internal
(Bobot 30%)
c) 3(tiga) penyebab yang mempengaruhi terjadinya perubahan dalam jaringan distribusi:
- Kebutuhan untuk memindahkan sebagian besar pengambilan keputusan underwriting agar lebih dekat ke pasar
- Pengurangan jumlah lapisan manajer yang dipekerjakan perusahaan
- Kenyataan bahwa underwriter yang telah dilatih secara baik dapat menangani sebagian besar risiko.
(Bobot 25%)
14. Bila hasil underwriting sebuah perusahaan tidak memuaskan akibat rendahnya kualitas underwriting, jelaskan 5 (lima) permasalahan yang harus dipertimbangkan dalam menyusun dan melaksanakan program perbaikan kebijakan underwriting tersebut. (Ref : Chapter 7)
Jawaban yang disarankan :
Program perbaikan kebijakan underwriting dapat diperbaiki dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:
- Service standards – pencapaian terhadap perencanaan
- Kuantitas dan kualitas dari output pekerjaan per individu dan tim
- Masukan dari staff berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi dengan kewenangan yang sekarang didelegasikan
- Kerugian absolut dan relative
- Sumber daya eksternal, seperti konsultan dan perantara
(Bobot 100%)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar